Wednesday, February 28, 2018

Review : Professional Silk Photo Paper Resin Coated - Canvas Texture

Pada review kertas foto sebelumnya daily good review lebih banyak mereview kertas foto entry level. Pada review kali ini berbeda. Yang akan kami review adalah kertas foto kelas premium, Professional Silk Photo Paper Resin Coated dari SUN Indonesia.  Berbeda dengan sebelumnya yang memiliki price tag sekitar 30 ribu Rupiah bahkan kurang dari 30 ribu, karena yang kami gunakan sebelumnya adalah kertas foto umum. Pada review kali, yang kami gunakan memiliki price tag Rp. 58.700 sehingga kertas foto kali ini termasuk kelas kertas foto premium. Apakah kualitas hasilnya sesuai dengan price tagnya? Mari kita simak dalam review berikut ini.


Professional Silk Photo Paper Resin Coated tersedia dalam 3 macam texture, yaitu Satin, Peart, & Canvas. Yang Daily Good Review miliki dan review kali ini adalah "Canvas Texture". Kertas foto kelas premium ini berbeda dengan kertas foto sebelumnya, kertas ini dilapis resin pada bagian depan & belakang sehingga kertas menjadi lebih kaku, lebih waterproof & anti sobek. Dengan adanya lapisan resin menjadikan kertas ini memiliki feel yang sama seperti saat memengang foto jaman dulu yang memang menggunakan kertas berlapis resin. Menjadikan kertas ini kesannya mewah & berbeda dengan kertas foto biasa. Feel seperti ini tidak ditemukan pada kertas foto biasa.

Perbedaan lainnya antara kertas foto biasa dengan Professional Silk Photo Paper Resin Coated adalah pilihan tinta yang dapat digunakan. Kertas foto pada biasanya hanya cocok dengan tinta dye saja, jika digunakan bersama tinta pigment atau tinta art paper hasil cetaknya mudah terkelupas. Sementara Professional Silk Photo Paper Resin Coated dapat dicetak menggunakan tinta dye, pigment, & art paper. Pilihan agar dapat mencetak dengan tinta pigment & art paper bagi fotografer professional sangatlah penting, karena kedua tinta ini memiliki hasil cetak yang sangat awet dan mampu bertahan hingga bertahun-tahun bahkan puluhan tahun. Sementara tinta dye hasil cetaknya tidak memiliki keawetan seperti kedua tinta tersebut. Karenanya kedua tinta tersebut sangat penting bagi fotografer.

Dengan canvas texture menjadikan feel seperti foto-foto jaman masih menggunakan film semakin terasa. Karena pada saat itu selain pilihan glossy, foto-foto juga banyak yang dicetak dengan memiliki texture. Pilihan Texture pada kertas foto ini benar-benar menimbulkan nostalgia foto pada jaman masih menggunakan film. Texture canvas ini memberikan efek seperti lukisan yang berada diatas kain kanvas. Texture seperti ini sangat populer untuk cetak foto pada tahun 80-90 an. Texture seperti memberikan kesan mewah & cocok digunakan untuk cetak foto ukuran besar.

Daily Goods Review sangat puas dengan kertas ini. Hasil cetaknya memiliki warna yang kaya serta detail yang baik. Texturenya pun memberikan kesan mewah seperti lukisan. Dan yang paling utama adalah feel dari kertas ini memberikan nostalgia seperti pada foto-foto yang masih menggunakan roll film. Kualitas yang diberikan membuat price tag kertas ini tidak terkesan mahal, dapat dikatakan sangat value. Demikian review kali ini, Nantikan selalu review aneka barang di Daily Good Review.

No comments:

Post a Comment

Review : Stranger Things Season 3

Stranger Things merupakan salah satu mini series original netflix yang sangat populer dan saat ini sudah mencapai season ke-tiganya. Re...