Tuesday, May 15, 2018

Review : Professional Glossy Photo Paper Resin Coated.

Beberapa waktu lalu Daily Goods Review pernah menulis review tentang 3 varian teksture Professional Silk Photo Paper Resin Coated, yaitu Canvas Texture, Pearl Texture, & Satin Texture. Berbeda dengan Professional Silk Photo Paper Resin Coated yang memiliki tekstur, Professional Glossy Photo Paper Resin Coated seperti namanya kertas ini memiliki permukaan yang halus dengan tampilan yang glossy. Jangan dikira kertas Professional Glossy Photo Paper Resin Coated ini sama dengan kertas foto inkjet lainnya. Kualitasnya sangat berbeda karena ini termasuk kertas foto kelas premium yang lebih berkualitas dari kertas foto inkjet biasa. Kertas ini ditujukan untuk fotografer professional yang menginginkan hasil sempurna, namun tidak ada salahnya bagi seorang awam juga menggunakannnya untuk mendapatkan hasil terbaik dari cetak foto digital.

Seperti saudaranya Professional Silk Photo Paper Resin Coated, versi glossy ini memberikan feel yang memberikan yang sangat berbeda dengan kertas foto inkjet biasa. Dengan lapisan Resin pada bagian cetak dan juga bagian belakangnya memberikan feeling yang sangat nostalgia sekali seperti memegang foto-foto yang dicetak jaman masih menggunakan film. Bagi yang terlahir sebelum era digital fotografi tentu paham sekali sentuhan kertas foto inkjet biasa dengan kertas foto jaman film sangat berbeda sekali. Ada kesan kokoh & tidak
lekang oleh waktu dari kertas foto jaman film, feel ini ada akibat kertas foto jaman film tersebut dilapisi dengan resin pada bagian depan & belakangnya. Dengan lapisan resin ini memang kertas foto jaman film menjadi lebih kaku, tidak bisa disobek dengan mudah, tidak mudah terlipat, & lebih awet. Dengan Professional Glossy Photo Paper Resin Coated semua feel yang sangat nostalgic tersebut dapat dirasakan kembali. Bagi fotografer tentunya penting sekali untuk dapat kembali menghadirkan feel ini pada masterpieces mereka saat dicetak. Sedangkan bagi awam tentunya mengharapkan hasil cetak yang terbaik.

Keistimewaan lain dari Professional Glossy Photo Paper Resin Coated adalah kertas ini mampu dicetak tidak hanya dengan tinta dye standard, namun juga dengan tinta pigment seperti PIGMENT PRO Ink, dan tinta art paper seperti DURA ULTRA Ink. Kertas foto inkjet biasa tidak dapat dicetak dengan tinta pigment, hasil cetak tinta pigment tidak dapat melekat dengan baik pada kertas foto inkjet biasa, sehingga mudah tergores & terkelupas. Keunggulan mencetak foto dengan tinta pigment & tinta art paper adalah daya tahan sangat luar biasa. Jika dengan tinta dye, hasil cetak hanya mampu bertahan beberapa bulan dan kemudian akan memudar karena terpapar cahaya terutama sinar UV. Dengan tinta pigment & tinta art paper, hasil cetak mampu bertahan hingga bertahun-tahun bahkan puluhan tahun tanpa memudar. Karena hasil cetak kedua tinta ini lebih tahan terhadap sinar UV, terutama tinta art paper seperti DURA ULTRA Ink.

Kemudian karena kertas ini tidak bertekstur seperti Professional Silk Photo Paper Resin coated, sehingga image yang ditampilkan lebih netral dan cocok untuk berbagai keperluan fotografi. Seperti cetak foto wedding, pemandangan, gedung, dokumentasi, dll semuanya cocok dicetak dengan kertas ini.  Sementara pada Silk masing-masing tekstur lebih cocok untuk kondisi tertentu saja. Jadi saat ingin menonjolkan nuasa image tertentu dari sebuah foto, dengan menggunakan salah satu tekstur dari Professional Silk Photo Paper Resin Coated, nuansa image tersebut dapat benar-benar menonjol. Sedangkan dengan kertas Professional Glossy Photo Paper Resin Coated ini lebih netral untuk semua situasi.

Untuk kualitas cetak sama seperti saudara kertas foto lainnya dari SUN Indonesia, kualitasnya sangat superior. Dengan kertas yang pure white sehingga warnanya lebih netral dan menghindari terjadinya miss color tone. Pada kertas foto merk lainnya sering kali putihnya condong ke salah satu hue sehingga warna kulit selalu meleset.  Dari semua kertas foto SUN yang pernah kami coba seperti SUN Glossy Photo Paper, SUN Action Photo Paper, Glossy Photo Sticker, Professional Silk Photo Paper Resin Coated & yang terakhir kami coba Professional Glossy Photo Paper Resin Coated semuanya memiliki keakuratan cetak yang luar biasa dibandingkan merk lainnya.

Daily Goods Review sangat puas dengan kertas Professional Glossy Photo Paper Resin Coated ini dan merekomendasikannya untuk berbagai keperluan cetak foto.

No comments:

Post a Comment

Review : Stranger Things Season 3

Stranger Things merupakan salah satu mini series original netflix yang sangat populer dan saat ini sudah mencapai season ke-tiganya. Re...