Monday, March 12, 2018

Review : Professional Silk Photo Paper Resin Coated - Satin Texture


Kertas foto ini adalah tekstur yang ketiga, dua tekstur sebelumnya sudah pernah daily good review bahas dalam artikel ini (Canvas Texture) & artikel ini (Pearl Texture). Professional Silk Photo Paper Resin Coated sendiri seperti namanya adalah kertas foto yang diciptakan untuk pengguna professional seperti fotografer yang menginginkan kualitas cetak paling prima, jadi ini termasuk jajaran kertas foto kelas premium. Hasil cetaknya sangat berbeda dengan hasil dari kertas foto biasa, Karena kertas produksi SUN Indonesia ini telah dilapisi resin pada sisi cetak & sisi belakangnya. Lapisan resin ini tidak hanya memberikan perlindungan terhadap air & membuatnya anti robek, namun lebih dari itu.


Pelapisan dari resin ini juga memberikan feel seperti hasil cetak foto saat jaman film. Bagi yang terlahir sebelum jaman fotografi digital booming seperti sekarang ini tentu paham bahwa foto jaman masih film itu sangat berbeda sekali dengan kertas foto digital printing yang umum, perbedaan tersebut paling terasa saat dipegang. Kertas foto jaman film dulu itu saat dipegang terasa kokoh dengan bagian depan & belakang seperti terlapisi plastik. Lapisan yang seperti plastik ini sebenarnya adalah lapisan resin. Feel ini tidak dapat kita rasakan dari kertas foto digital printing biasa.

Tujuan lain dari pelapisan resin ini adalah agar dapat dicetak menggunakan tinta Pigment & tinta Art Paper. Kertas foto biasa hanya dapat dicetak menggunakan tinta dye saja, saat menggunakan tinta pigment & tinta art paper justru hasil cetaknya mudah tergores & terkelupas. Sedangkan pada kertas Professional Silk Photo Paper Resin Coated ini dapat dicetak menggunakan tinta dye, pigment, & art paper. Jadi dengan kertas ini fotografer dapat menggunakan keunggulan dari tinta pigment & tinta art paper yang mampu bertahan jauh lebih lama daripada tinta dye, sehingga hasil cetaknya mampu tahan hingga puluhan tahun.

Untuk teksturnya pada Satin Texture ini adalah matte yang lebih kasar daripada pearl namun lebih halus daripada kanvas. Tingkat doff atau mattenya ini seperti pada kain satin. Hasilnya adalah gambar yang dicetak diatas kain satin putih. Hasilnya tampil mewah. Jika tekstur Canvas menurut kami lebih cocok untuk landscape pemandangan atau foto manusia yang long shoot dengan banyak menampilkan background. Sedangkan Pearl lebih cocok untuk foto portrait dan close up. Satin texture ini cocok untuk kedua kondisi foto tersebut.

Warna putih dari kertas ini bisa dibilang pure white dan tidak condong ke salah satu hue, sehingga warna cetaknya dapat natural dan tidak kebiruan, tidak kemerahan, ataupun tidak kehijauan. Hasilnya sangat tepat dan akurat. Semua kertas dari SUN Indonesia yang pernah kami uji & pakai memang memiliki keunggulan dari segi akurasi warna dibandingkan merk lain.

Meski kertas ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan fotografer yang sangat spesifik, namun tidak ada salahnya jika orang awampun menggunakannya untuk mendapatkan hasil cetak foto yang terbaik dan bereksperimen dengan mood yang dihadirkan oleh 3 tekstur berbeda tersebut. Jadi meski banderol harganya 2 kali lipat SUN Glossy Photo Paper, menurut kami kertas ini sangat worth it untuk dibeli terutama untuk foto-foto yang penting.

No comments:

Post a Comment

Review : Stranger Things Season 3

Stranger Things merupakan salah satu mini series original netflix yang sangat populer dan saat ini sudah mencapai season ke-tiganya. Re...