Friday, April 28, 2017

Review : Kecap Asin Cap Hati Angsa


Kecap asin mungkin akhir-akhir tidak sepopuler kecap manis dalam kuliner Indonesia. Namun kecap asin merupakan kecap yang sangat penting dalam chinese food. Hampir semua chinese food menggunakan kecap asin. Karena penggunaanya yang termasuk niche market di Indonesia sehingga kecap asin semakin jarang dijumpai di supermarket-supermarket. Berbeda dengan kecap manis yang muncul dengan berbagai merk dan sangat mudah dijumpai di Supermarket dan toko kelontong. Untuk mendapatkan kecap asin, terutama yang memiliki cita rasa enak harus mencarinya ke toko-toko dikawasan pecinaan.

Salah satu kecap asin yang memiliki sejarah cukup tua dan terkenal adalah kecap asin cap hati angsa yang diproduksi di medan. Kecap ini merupakan kecap yang masih diproduksi dengan rasa tradisional sehingga rasanyapun cukup berbeda dengan kecap asin ABC yang sudah diolah secara modern. Jika kecap asin ABC hanya memiliki rasa asin dan tidak beraroma, kecap asin cap Hati Angsa ini memiliki rasa asin yang khas dengan sedikit rasa manis serta aroma yang khas campuran antara wangi kedelai hitam dengan sejumlah rempah-rempah.

Kecap ini juga memiliki rasa yang berbeda dengan kecap 150 dari Surabaya. Terasa sekali campuran rempah-rempah dari kedua kecap ini berbeda. Dan kedua kecap ini sangat pas untuk dipadukan bersama saat membuat masakan seperti mie goreng hokian. Dalam Chinese Food terutama dengan standart rasa restoran adalah dengan mencampurkan beberapa merk kecap asin dengan sedikit kecap ikan untuk mendapatkan rasa yang khas. Biasanya mencampurkan 2 hingga 3 merk kecap untuk mendapatkan rasa yang diinginkan. Karenanya masing-masing merk kecap asin memiliki kekhasan sendiri dan ditangan koki chinese food handal masing-masing rasa kecap tersebut digunakan untuk membuat masakan yang enak.

Kecap asin cap hati angsa ini sebelumnya terbatas hanya di medan dan sumatera utara, namun saat ini sudah memiliki distribusi yang cukup luas sehingga sudah dapat dijumpai juga di pulau Jawa. Rasa kecap asin ini sangat pas untuk dipadukan dengan kecap asin dari P Jawa yang memiliki ke khasan rasa berbeda untuk membuat chinese food dengan rasa yang mantab. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

Review : Stranger Things Season 3

Stranger Things merupakan salah satu mini series original netflix yang sangat populer dan saat ini sudah mencapai season ke-tiganya. Re...