Friday, March 16, 2018

Review : REVO Smart Ink

Ok saat tinta habis, itu berarti waktunya untuk mencoba tinta lain & kemudian menulis reviewnya untuk mencari tinta refill kualitas terbaik yang dapat ditemukan di market dengan mudah. Tinta terakhir yang Daily Goods Review gunakan adalah Premium NFI Ink dari SUN Indonesia, dan tinta tersebut telah habis. Saat ini masih tetap menggunakan tinta dari SUN Indonesia, tetapi kali ini menggunakan tinta yang gradenya lebih tinggi dari produsen tersebut. Yaitu REVO Smart Ink dari SUN Indonesia.


REVO Smart Ink sangat berbeda dengan tinta refill lain yang pernah kami gunakan sebelumnya.
Tinta refill merk lain dibuat spesifik untuk 1 merk printer, yang biasanya tertulis pada botol kemasan tinta tersebut dan tidak dapat digunakan untuk printer merk lain tanpa merusak printer tersebut. Misalkan pada botol kemasan tertulis "for Canon" berarti tinta tersebut hanya untuk printer Canon, jika tertulis merk lain berarti spesifik untuk merk tersebut. Sedangkan tinta REVO Smart ink ini sangat berbeda sekali. Tinta ini dapat digunakan untuk mengisi semua merk printer inkjet seperti canon, hp, epson, & brother. Pada tinta lain jika memiliki 2 printer berbeda merk, berarti untuk refillnya harus membeli 2 set tinta, 1 set tinta untuk printer A & 1 set tinta lagi untuk printer B. Sedangkan jika menggunakan tinta REVO Smart Ink meski memiliki 2 printer berbeda merk cukup membeli 1 set tinta saja, karena dapat langsung digunakan pada keduanya.

Untuk harga REVO tidak berada di price point yang sama dengan PREMIUM NFI yang tergolong sangat murah dengan kualitas yang sangat amat baik. REVO Smart ink ini berada pada price range yang sama dengan tinta blueprint. Namun tinta blueprint seperti yang pernah kami review sebelumnya, hasil cetaknya untuk akurasi warna masih kalah dibandingkan Premium NFI yang price rangenya berada di bawah 30 ribu per-botolnya. Sedangkan REVO Smart Ink & tinta blueprint berada di price range 40 Ribu an per botol. Sedangkan tinta blueprint masih konvesional bahwa hanya  bisa untuk 1 merk printer. Tinta REVO ini sudah dapat langsung digunakan untuk semua merk printer. Sekarang tinggal kita melihat bagaimana kualitas cetaknya jika dibandingkan dengan tinta e-print, blueprint, premium NFI yang pernah kami coba sebelumnya.

Pertama untuk cetak teks hitam putih. Seperti halnya Premium NFI yang memberikan hasil cetak yang tajam untuk teks dengan kualitas tinta original canon. Tinta REVO Smart ink ini mampu memberikan hasil sangat tajam untuk cetak teks. Bahkan keterbacaan untuk teks ukuran kecil hingga 6pt dengan REVO Smart Ink pada kertas HVS dapat terbaca dengan sangat mudah karena hasil cetaknya sharp sekali untuk teks. Cetak dokumen yang tajam & mudah terbaca tentunya sangat penting untuk cetak dokumen kantor.

Berikutnya adalah soal warna. Akurasi warna dari REVO Smart ink ini sangat luar biasa tepat. Merupakan tinta yang paling akurat sejauh ini. Warnanya saat dicetak dengan kertas foto juga yang paling cerah & kaya. Gradasi warna untuk kulit juga paling halus dibandingkan semua kompetitor. Kemudian untuk warna kontras yang ngeblock & bersebelahan, batasnya tercetak dengan sangat tegas. Tidak ada warna lain yang muncul, ini menandakan tinta ini dapat mengering dengan cepat sehingga tidak mlobor ke samping-sampingnya.

Kesimpulan Daily Goods Review mengenai tinta REVO ini adalah tinta terbaik dari yang sejauh ini kami coba. Dengan harga yang berada di level 40 ribuan seperti tinta refill merk lain. Namun tinta ini lebih unggul tidak hanya dari segi kualitas cetak juga lebih unggul karena dapat diisikan kesemua merk printer. Memiliki 2 atau 3 printer yang berbeda merk dengan REVO Smart Ink ini cukup membeli 1 set saja yang tentunya sangat memudahkan untuk proses pengadaaan sekaligus penyimpanannya. Pada tinta konvesional merk lain yang spesifik jika tertukar saat refill dapat merusak printer, dengan Revo Smart ink resiko tersebut dapat dihindari. Jadi untuk saat ini adalah tinta refill terbaik yang pernah kami coba. 

Nantikan artikel kami selanjutnya mengenai tinta refill yang mudah ditemukan baik secara offline maupun online di Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Review : Stranger Things Season 3

Stranger Things merupakan salah satu mini series original netflix yang sangat populer dan saat ini sudah mencapai season ke-tiganya. Re...