Thursday, March 15, 2018

Review : STP Super Concentrated Fuel Injector & Carburetor Cleaner

Bahan bakar minyak akan selalu menimbulkan kerak karbon sisa pembakaran pada mesin mobil & motor. Tentunya jika menggunakan bahan bakar murah seperti premium akan lebih menimbulkan kerak karbon daripada bahan bakar yang kualitasnya lebih baik seperti pertamax & pertamax turbo. Pada seri pertamax tidak hanya oktannya yang lebih tinggi, namun telah memiliki campuran zat tambahan yang fungsinya untuk membersihkan dapur pacu. Jumlah campuran ini sangat sedikit sehingga hanya mampu untuk membuat kerak yang timbul lebih sedikit. Sedangkan pada bbm seperti premium tidak memiliki campuran apapun, akibatnya penumpukan kerak jauh lebih cepat daripada bbm berjenis pertamax.



Untuk perawatan & agar performance mesin tetap prima bahkan dengan bbm pertamaxpun tetap butuh perawatan untuk menghilangkan kerak yang ada.  Selain dengan membongkar mesin & membersihkannya secara manual di bengkel dengan bantuan teknisi. Ada cara yang lebih mudah & bisa kita lakukan sendiri. Yaitu dengan memberikan campuran bahan pembersih pada tangki bahan bakar. Penambahan ini tidak perlu dilakukan setiap mengisi baban bakar, cukup setiap 1-3 bulan sekali tergantung bahan bakar yang kita gunakan & penggunaan kita. Jika setiap hari penggunaan cukup jauh sebaiknya pemberian setiap bulan. Atau pemakaian harian tidak terlalu jauh namun menggunakan premium, penambahan bahan ini dapat diberikan setiap bulannya.

Untuk memberikan zat pembersih ini cukup mudah dengan cukup mencampurkan ke tangki bahan bakar sesuai dengan petunjuk. Misalkan untuk motor & skutik pada kemasan tertulis 1 botol untuk 5 liter bbm, berarti saat mengisi bbm 5 liter kita masukkan 1 botol. Jika kurang dari 5 liter tinggal disesuaikan dengan bbm yang diisikan. Sedangkan untuk mobil per botolnya biasanya dicampurkan untuk kurang lebih 20 liter bbm. Harus dilihat pada bagian belakang kemasan.

Salah satu merk yang terkenal adalah STP & merk ini sudah kami coba. Hasilnyapun terasa bukan sekedar placebo. Bahkan saat perawatan berkala, pihak mekanikpun mengakui bagian klep jauh lebih bersih daripada biasanya. Yang sangat terasa tentunya adalah tarikan mesin yang seperti dalam kondisi baru karena semua bagian dari dapur pacu telah bersih.

Tips untuk mobil & motor yang tidak pernah menggunakan zat penambahan seperti ini adalah untuk 2 kali pencampuran pertama berikan jeda 2 minggu. Selanjutnya seperti di atas setiap 1-3 bulan sekali. Dengan ini pembersihan akan lebih maksimal dan performance mesin terus terjaga dengan baik.

No comments:

Post a Comment

Review : Stranger Things Season 3

Stranger Things merupakan salah satu mini series original netflix yang sangat populer dan saat ini sudah mencapai season ke-tiganya. Re...