Tuesday, February 7, 2017

Review : Kit Motor Chain Lube

Bagian yang sangat penting dari motor dan mudah mengalami korosi di musim hujan adalah rantai. Sedangkan fungsi dari rantai tersebut sangatlah penting sebagai pemindah energi kinetik dari mesin ke roda belakang. Terkena hujan, genangan, dan endapan pasir yang saat musim hujan sangatlah cepat dalam mengurangi umur pakai dari rantai.

Rantai yang tidak terawat dapat membuat motor anda menjadi boros serta resiko putus saat digunakan yang tentunya sangat berbahaya bagi pengendara. Perawatan berkala sangatlah penting, seperti memeriksa tingkat kekencangan rantai, kondisi fisik rantai, pembersihan serta pelumasan rantai. Rantai yang terlalu kencang atau terlalu kendur tidaklah baik bagi motor dan beresiko putus. Kondisi fisik rantai yang sudah tidak layak pakai juga sebaiknya segera diganti.

Sedangkan untuk pelumasan rantai juga membutuhkan pelumas khusus. Oli mesin tidak disarankan untuk melumasi rantai motor, terutama oli bekas. Pertama oli motor tidak melekat pada rantai dan mudah menguap sehingga perlindungannya jauh dari sempurna. Kedua jika menggunakan oli bekas berarti ada partikel logam yang merupakan sisa gesekan mesin, partikel logam ini sangat cepat membuat rantai rusak. Karena itu untuk merawat rantai diperlukan pelumas khusus.

Salah satu pelumas rantai yang mudah ditemukan dipasaran adalah kit motor chain lube. Pelumas rantai ini memiliki fungsi untuk membersihkan rantai, melumasi rantai dan melindungi rantai. Berbeda dengan oli mesin, Pelumas rantai dari kit ini mampu melekat pada logam lebih lama serta memberikan perlindungan dari air, debu dan kotoran lainnya, serta mencegah korosi. Meski memiliki fungsi untuk membersihkan rantai, untuk hasil yang lebih maksimal menurut daily goods review tetap memerlukan pembersih khusus rantai. Hasil pembersihan dari kit chain lube ini masih belum maksimal. Namun fungsi proteksinya cukup bagus.

No comments:

Post a Comment

Review : Stranger Things Season 3

Stranger Things merupakan salah satu mini series original netflix yang sangat populer dan saat ini sudah mencapai season ke-tiganya. Re...