Friday, August 11, 2017

Review : Annabelle Creation


Di hollywood saat ini muncul suatu trend adalah membuat sebuah universe untuk sederetan film yang berbeda seakan dalam 1 dunia yang sama. Trend ini diawali oleh marvel dengan membuat Marvel Cinematic Universe. Jika sebelumnya Film itu hanya berupa franchise dengan berbagai sequel dan prequel saja, Trend saat ini adalah menggabungkan beberapa franchise dalam 1 kesatuan dan tokoh dari franchise dapat masuk kedalam franchise yang lain. Untuk film horror yang tersukses saat ini adalah Conjuring Universe yang diawali dengan The Conjuring lalu untuk melengkapi universe ini adalah franchise annabelle, The Nun, The Nurse, & The Crooked Man. Dengan berupa universe semacam ini tentunya penonton lebih memiliki keterikatan dengan film-film tersebut daripada masing-masing franchise berdiri sendiri.


Nah dalam Conjuring Universe yang baru tayang adalah Annabelle Creation. Ini merupakan prequel dari film Annabelle sebelumnya. Film ini menceritakan awal mula boneka annabelle. Tentunya cerita ini 100% fiksi karena asal usul boneka annabelle yang asli tidak diketahui. Inti dari Film ini adalah menghubungkan benang merah antar film-film yang tergabung dalam Conjuring Universe salah satunya adalah dengan The Nun yang akan tayang pada 2018 nanti. Sekaligus Annabelle Creation juga menjelaskan asal-usul gadis yang membunuh orang tuanya sendiri di fillm Annabelle sebelumnya.

Film ini bercerita mengenai sepasang suami istri pembuat boneka yang dengan tragis kehilangan anak gadisnya. Dalam kesedihan mereka selalu berdoa agar dapat bertemu kembali dengan anak mereka. Setelah itu serangkaian kejadian aneh terjadi di rumah mereka. Suami Istri tersebut lalu meyakini bahwa itu adalah arwah anak mereka yang kembali. Disaat akhirnya mereka sadar bahwa itu bukanlah arwah anaknya, melainkan sesuatu yang jahat semua sudah terlambat. Mereka sudah memberi ijin agar roh jahat tersebut dapat memasuki boneka buatannya. Akhirnya dengan bantuan otoritas gereja setempat, boneka tersebut dikurung dalam sebuah closet dirumah tersebut. 

Setelah 12 tahun tidak ada kejadian apapun. Suami istri tersebut mengijinkan sebuah panti asuhan yang ditutup untuk menggunakan rumah mereka. Dari sinilah cerita Annabelle Creation dimulai. Film Horror ini terlalu vulgar dalam menampilkan sosok iblisnya sehingga kesan menakutkan dan misteriusnya tidak semenakutkan The Conjuring pertama. Manifestasi iblisnya juga lebih cepat dibandingkan dengan film horror lain yang biasanya lebih gradual. Dari sekedar suara hingga gangguan secara fisik dalam film annabelle creation ini terjadi dalam waktu singkat. Mungkin maksud dari film makernya adalah Iblis yang merasuk di boneka ini bukan iblis kelas bawah yang membutuhkan waktu lama untuk memanipulasi calon korbannya.

Tokoh-tokoh utama dalam annabelle creation ini adalah seorang biarawati pengasuh panti yang ditutup dengan 6 orang anak panti. Pemeran anak-anak yang paling menonjol kemampuan aktingnya adalah Lulu Wilson yang berperan sebagai Linda dan juga Talitha Bateman yang berperan sebagai janice. Kedua anak ini merupakan tokoh yang benar-benar sentral dalam film ini. Terutama akting Lulu Wilson sangat bagus, bahkan bisa dibilang sebagai pemeran anak terbaik dalam conjuring universe.

Kesimpulannya film ini adalah film horror yang digarap dengan baik, namun tidak terlalu menyeramkan secara psikologis. Berbeda dengan The Conjuring 1 & The Conjuring 2 yang setelah menontonpun masih menyisahkan ketakutan. Annabelle Creation ini hanya memberikan rangkaian kekagetan selama kita menontonnya. Namun setelah itu selesai. Cukup layak dilihat jika anda seorang penggemar film horror.

No comments:

Post a Comment

Review : Stranger Things Season 3

Stranger Things merupakan salah satu mini series original netflix yang sangat populer dan saat ini sudah mencapai season ke-tiganya. Re...