Wednesday, October 25, 2017

Review : Mini Vise by Wave Corporation


Mini Vise atau pencatok mini merupakan tool yang cukup membantu untuk membuat kerajian yang hanya membutuhkan hand tool dalam pekerjaannya. Tidak cocok untuk penggunaan bersama power tool. Fungsi alat ini adalah untuk memegang benda yang sedang dikerjakan, biasanya untuk memegang benda yang ingin diamplas atau dikikir. Tujuannya adalah untuk memperoleh hasil yang lebih rapi daripada dipegang tangan. Penggunaan lainnya adalah membantu memegang 2 objek yang disatukan dengan lem agar selama proses perekatan tidak bergeser. Juga membantu saat mensolder PCB dan komponen elektronika.


Mini Vise ini biasa digunakan untuk membuat benda-benda kecil seperti memegang cincin titanium, cincin akik saat diamplas, memegang model kit baik saat pengeleman maupun pengamplasan, merekatkan 2 kayu tipis atau triplek, dll.

Mini Vise dari Wave Corporation ini dilengkapi dengan suction cap pada bagian bawahnya untuk melekatkan dengan meja kerja. Jadi cukup mudah jika ingin memindahkannya. Mini Vise lainnya dan juga vise ukuran besar biasanya menggunakan sistem baut untuk melekatkannya pada meja kerja. Sistem suction cap seperti ini cukup efektif untuk mini vise seperti ini. Karena yang dikerjakannya adalah sesuatu yang ringan namun memperlukan detail tinggi, sehingga suction cap saja cukup untuk menahan vise ini selama digunakan. Kekurangannya tentu saja harus diletakkan di meja yang benar-benar rata.

Selanjutnya Vise ini menggunakan bantalan karet sehingga tidak merusak benda-benda yang dipegangnya. Ini sangat penting karena memang mini vise biasanya digunakan untuk benda-benda yang ringkih, mudah tergores, dan tergolong soft material. Sehingga penambahan pemegang karet itu sangat penting.  Tool ini sangat penting dan berguna bagi orang yang suka membuat barang-barang kerajinan berukuran kecil.

No comments:

Post a Comment

Review : Stranger Things Season 3

Stranger Things merupakan salah satu mini series original netflix yang sangat populer dan saat ini sudah mencapai season ke-tiganya. Re...