Sunday, December 17, 2017

Review : God hand Plastic Nipper SPN-120


Jika anda seorang penggemar plastik model kit baik itu otomotif, pesawat terbang, kapal, bahkan gundam tentunya sangat paham pentingnya sebuah plastik nipper. Nipper yang bagus akan sangat membantu dalam mempersingkat waktu pengerjaan serta ke hasil akhir dari sebuah plastik model kit. Sebaliknya nipper murah akan membuat proses pengerjaan lebih lama dan bisa jadi mempengaruhi hasil akhir karena muncul coakan plastik yang kadang tidak dapat dibenarkan lagi.


Nipper murah itu selain membuat plastik menjadi stress akibat tekanan yang ditunjukkan dengan bagian yang memutih, juga bisa menimbulkan coak. Coakan tentunya dalam beberapa kasus ringan dapat dibetulkan dengan menggunakan plastik putty alias dempul. Namun hal ini tentunya menambah waktu pengerjaan menjadi lebih lama.

Nipper yang bagus itu mempersingkat waktu pengerjaan karena hasil potongan yang rata, tidak timbul stress mark pada plastik, & paling penting tidak membuat coak. Dari deretan nipper bagus, ada satu nipper yang diakui oleh banyak orang sebagai king of nipper yaitu God Hand Plastic Nipper. Nipper buatan jepang ini memang memberikan hasil potongan yang sangat halus. rata, nyaris tidak ada stress mark, tidak coak, dan paling penting adalah bisa memotong sangat tipis. Dengan kemampuan untuk memotong sangat tipis berarti mengurangi waktu untuk merapikannya dengan cutting pen dan sand paper. 

Ketajamannya sangat luar biasa, hingga saat memotong anda tidak merasa perlu untuk memberikan tenaga sama sekali. Seakan anda mengenggam nipper tersebut saat tidak ada plastik yang dipotong.

Jika melihat harganya yang jauh lebih tinggi daripada nipper lain dimana God Hand ini dipasaran paling murah adalah 750 ribu rupiah. Sementara nipper merk lain dari tamiya dan Mr. Hobby di kisaran 400 ribu rupiah.  Selisih harga ini cukup jauh, namun apakah pantas? Menurut daily goods review adalah sangat pantas. Ada 2 alasan yaitu :

Pertama adalah hasil potongan dari godhand sangat rata dan tidak menimbulkan coakan. pada nipper flagship alias yang termahal dari tamiya dan mr hobby masih bisa timbul coakan.

Kedua adalah waktu pengerjaan model kit secara keselurahan dapat dikurangi cukup jauh karena proses merapikan dengan cutting pen dan sand paper menjadi jauh lebih singkat.

Kesimpulannya jika anda termasuk penghobi serius untuk plastik model kit, ini adalah nipper terbaik yang bisa anda beli.

No comments:

Post a Comment

Review : Stranger Things Season 3

Stranger Things merupakan salah satu mini series original netflix yang sangat populer dan saat ini sudah mencapai season ke-tiganya. Re...