Wednesday, January 31, 2018

Review : Cat Semprot Samurai untuk Plastik

Cat Semprot Samurai merupakan produk yang populer dikalangan pengguna motor untuk memberikan custom paint yang murah & mudah pada motor mereka. Karena body motor kebanyakan plastik, tentunya yang paling penting adalah bagaimana performance cat ini pada permukaan plastik seperti body motor.



Pertama untuk pilihan warna, cat samurai memiliki banyak pilihan warna yang beragam bahkan lebih banyak daripada pylox, rj london, & diton untuk pilihan jenis warnanya. ada pilihan warna khusus seperti warna bunglon. Lalu untuk warna silver sendiri ada beberapa pilihan, dan masih banyak warna-warna khusus lainnya yang tidak ada di brand lain. Kemudian selain warna unik juga ada plastik surfacer, epoxy filler, dll yang semuanya memiliki fungsi khusus.

Kedua adalah daya lekatnya. Dibandingkan brand lain cat samurai ini proses awalnya lebih rumit. Jika ada langkah yang tidak tepat diawal cat akan mudah terkelupas. Cat juga baru memberikan hasil maksimal jika digunakan pada cuaca cerah. jika sedang mendung atau lembab,  Cat akan mudah terkelupas meski sudah benar. Jadi untuk beberapa cat ini perlu terkena matahari langsung waktu penyemprotan kemudian diangin-anginkan pada area bayangan hingga benar-benar kering. Pengulangan lapisan catpun sebaiknya menunggu minimal 30 menit. Dan untuk finishing top coat sebaiknya minimal menunggu 1 hari.

Ketiga finishing. Cat Clear pada Samurai ini ada bermacam-macam. Ada yang paling mahal dengan memberikan hasil yang bagus sekali dengan hasil seperti mirror finish karena sudah dilengkapi dengan hardener. Namun untuk clearnya yang paling standard, hasilnya sangat buruk sekali bahkan jauh dibawah clear merk lain. Untuk clear yang termurah dari Samurai dengan kode 1|128, meski pengaplikasiannya sudah menunggu 24 jam. Cat yang akan dilapisi akan seperti mencair kembali dan kemudian bercampur dengan clear. Hasilnya cat akan menjadi buram (bukan matte) seperti timbul lapisan buram pada mata katarak. Namun ini tidak terjadi di semua warna, hanya pada warna-warna tertentu seperti  red 33|6 dan beberapa varian warna merah lainnya serta gold & warna-warna bunglon.

Hasil merk ini jika dilakukan dengan benar memang memberikan hasil yang menarik. Namun tingkat kesulitannya lebih sulit daripada merk lain. Membutuhkan proses belajar dan trial & error terlebih dahulu untuk memperoleh hasil yang diinginkan. Jika sudah memahami karakter cat samurai yang berbeda dari merk lain memang dapat memberikan hasil yang lebih baik, namun cat ini memerlukan proses belajar yang lebih.

No comments:

Post a Comment

Review : Stranger Things Season 3

Stranger Things merupakan salah satu mini series original netflix yang sangat populer dan saat ini sudah mencapai season ke-tiganya. Re...