Tuesday, January 30, 2018

Review : Glossy Photo Sticker Ultra Thin


Kertas sticker sering kali kita gunakan untuk membuat label, mulai dari sekedar label nama, label barang, membuat label merk, dll. Kertas sticker sendiri ada beragam. Mulai dari berbahan HVS, Photo Paper, Bontax, Vinyl, art paper, dll. Namun tidak semuanya bisa kita cetak menggunakan printer  inkjet. Pada umumnya sticker HVS & sticker dari photo paper saja yang bisa. Sementara untuk yang bontax, sebagian sticker vinyl, art paper tidak dapat dicetak dengan printer inkjet standart. 

Karena untuk membuat label biasanya kita menggunakan antara yang berbahan HVS atau photo paper. Dulu keunggulan sticker HVS dibandingkan sticker photo paper adalah lebih tipis sehingga untuk membuat label merk pada kemasan yang melengkung seperti botol akan melekat lebih kuat. Sedangkan jika menggunakan sticker berbahan photo paper yang lebih tebal akan membuat sticker mudah terlepas pada sudut-sudutnya. Namun HVS untuk label terutama label merk memiliki banyak kekurangan, pertama adalah warnanya tidak bisa bagus & memiliki detail cetak yang tinggi seperti pada kertas foto yang warnanya dapat lebih cerah & sangat detail. Kelemahan kedua tentunya sticker berbahan HVS tidak tahan air. Kertasnya mudah rusak oleh air & cetakannyapun dapat luntur dengan oleh air.


Keunggulan sticker HVS dibandingkan sticker photo paper diatas itu sudah menjadi masa lalu. Karena pada saat ini telah tersedia Sticker dengan bahan photo paper yang super tipis. Sehingga dengan ukuran ketebalan yang tipis sekali ini, sticker ini dapat melekat di bidang melengkung seperti botol, dll. tidak seperti sticker dari photo paper pada umuamnya. Kertas sticker super tipis ini diproduksi oleh SUN Indonesia dengan merk "Glossy Photo Paper" varian Ultra Thin. Karena Glossy Photo Sticker dari SUN Indonesia sendiri ada 2 varian ketebalan, yang satu dengan ketebalan normal yang umum pada sticker photo paper, yang berikutnya adalah varian Ultra Thin dengan ketebalan yang jauh lebih tipis.

Untuk kualitas cetaknya sendiri bisa dibilang sama persis dengan Glossy Photo Paper dari SUN Indonesia yang pernah kami review sebelumnya. Warnanya bagus, detail tinggi, gradasi halus, & tidak ada smearing untuk perbatasan dua warna kontras. Untuk hasil cetaknya sendiri TOP banget.

Jadi bagi yang ingin membuat label merk sendiri untuk produknya & untuk lokasi labelnya pada bidang yang banyak lengkungannya pastikan gunakanlah yang varian Ultra Thin dari Glossy Photo Paper yang diproduksi SUN Indonesia. 

No comments:

Post a Comment

Review : Stranger Things Season 3

Stranger Things merupakan salah satu mini series original netflix yang sangat populer dan saat ini sudah mencapai season ke-tiganya. Re...