Tuesday, January 30, 2018

Review : Airbrush MC Tech


Airbrush MC Tech merupakan salah satu dari sekian banyak airbrush murah asal China dengan kualitas yang cukup variatif.  Kami bilang cukup variatif karena jika beruntung, anda akan mendapatkan airbrush harga murah yang handal, Namun jika sedang apes maka akan mendapatkan airbrush dengan performance yang buruk bahkan super buruk. Disini Daily Goods Review sedikit beruntung mendapatkan produk yang cukup bisa dipakai.

Yang super menarik dari Airbrush MC Tech ini adalah perlengkapannya super komplit. Pertama sudah mendapatkan selang dengan drat 1/8". Kedua mendapatkan dua macam tabung yaitu gravity feed & syphon. Ketiga mendapatkan 3 macam jarum set (jarum, nozzle, nozzle cap) dengan ukuran yang berbeda, yaitu 0.2, 0.3, & 0.5. Sangat menggiurkan sekalikan kelengkapannya. Keempat sudah merupakan airbrush double action yang memudahkan bagi pemula & sekaligus total kontrol bagi painter kawakan.



Namun build quality tidak terlalu bagus. Beberapa part terlihat kasar. Jarum tidak dipoles seperti halnya jarum airbrush china lainnya. Nah parahnya tidak semua kombinasi jarum set diatas itu usable. Untuk ukuran yang paling kecil 0.2 yang seharunya untuk detailing, justru tidak bisa digunakan untuk detailing karena lubang nozzle capnya tidak presisi. Akibatnya adalah arah semburannya miring tidak bisa lurus. Untungnya untuk yang ukuran 0.3 & 0.5 masih dapat digunakan.

Meski build qualitynya kurang memuaskan, namun O-ring nozzlenya cukup tahan dengan thinner lacquer. Dari beberapa airbrush murah yang dulu pernah kami pakai, bagian O-ring selalu menjadi yang pertama rusak dengan sangat cepat saat menggunakan cat lacquer. Setidaknya untuk airbrush MC Tech ini cukup tahan dengan cat lacquer.

Untuk tabung catnya menggunakan sistem side load yang dapat disambungkan dengan tabung gravity atau dengan tabung syphon. Keduanya berfungsi sangat baik, terutama kareana side load sehingga tidak menghalangi pandangan saat butuh cat detailing. Untuk menggunakan tabung syphon membutuhkan tekanan yang lebih besar sekitar 22-25psi, dan sebelum mengecat lakukan blank spray dulu hingga cat keluar.

Untuk meningkatkan hasil pengecatan dengan airbrush murah caranya selalu sama yaitu lakukan pemolesan pada jarum menggunakan compound & cotton bud. Lakukan terus berulang ulang dengan gerakan 1 arah dari ujung tumpul menuju ke bagian tajam. Jangan dibalik atau jarum dapat rusak. Ulangi hingga mendapatkan jarum yang mengkilap seperti cermin. Sebelumnya adalah tampak buram, karena dari pabrik hanya ditajamkan saja tanpa dipoles.

Kesimpulannya ini adalah airbrush yang cocok bagi pemula yang baru belajar, karena cukup murah. Namun untuk bisa memberikan hasil yang diharapkan profesional dengan detail yang banyak agak susah dengan airbrush ini.

No comments:

Post a Comment

Review : Stranger Things Season 3

Stranger Things merupakan salah satu mini series original netflix yang sangat populer dan saat ini sudah mencapai season ke-tiganya. Re...