Wednesday, January 24, 2018

Review : Mini Kompresor Oilless single piston dengan Tabung merk Wipro


Bagi pengguna airbrush, mini kompresor merupakan tool yang vital sekali. Berbeda dengan spray gun yang membutuhkan tekanan konstan diatas 30-70psi, air brush hanya membutuhkan sekitar 18 hingga 25 psi sehingga kompresor mini lebih cocok untuk digunakan bersama airbrush. Keunggulan mini kompresor tentu adalah daya listrik yang kecil dengan ukuran yang tidak memakan tempat. Cocok sekali untuk airbrush painter & penghobi plastik model kit karena mini kompresor ini dapat digunakan untuk waktu yang lama. Berbeda dengan micro kompresor yang biasa digunakan oleh make up artist yang harus dimatikan setiap 30 menit dan wajib diistirahatkan selama 30 menit. Mini Kompresor yang sudah bertabung ini dapat digunakan terus menerus karena telah dilengkapi sensor otomatis yang akan mematikan kompresor saat tekanan sebesar 5 bar tercapai, dan baru bekerja kembali saat tekanan dalam tabung kurang dari 4 bar. Dengan begitu kompresor ini akan sulit mengalami over heat seperti yang sering dialami oleh micro kompresor saat digunakan untuk mengecat plastik model atau body painting.



Keunggulan lain dari mini kompresor ini tentunya adalah tingkat kebisingannya yang rendah sehingga cocok bagi penghoby yang masih ngekost atau tinggal di apartemen. Tetangga anda tidak akan merasa terganggu dengan suaranya. Dengan telah dilengkapi tabung tentunya angin yang dihasilkan lebih stabil dan sensor otomatis tidak terlalu sering bekerja. Selanjutnya kompresor ini juga telah dilengkapi regulator untuk mengatur tekanan angin yang keluar sehingga dapat disesuaikan dengan jenis cat yang digunakan. Serta tidak semua airbrush dilengkapi dengan mac valve untuk mengatur angin. Kelengkapan regulator yang menjadi satu dengan air filter yang merangkap water trap ini sangat membantu untuk memberikan kontrol lebih.

Kekurangan dari mini kompresor ini adalah termasuk lambat untuk mengisi tekanan ke 5 bar saat pertama kali dinyalakan. Membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai 5 bar. Karena sebaiknya biarkan tabung kompresor terisi tekanan maksimal terlebih dahulu sebelum dipakai mengecat untuk memberikan hasil pengecatan yang lebih stabil diawal. Serta tidak ada tempat untuk meletakan airbrush seperti mini kompresor merk lainnya.

Kesimpulannya tingkat kebisingan yang rendah dengan daya listrik kecil, angin yang stabil karena telah dilengkapi tabung adalah keunggulan utama dari kompresor ini dibandingkan mini kompresor lain yang tidak bertabung atau kompresor yang sedikit lebih besar seperti imola 75. Kekurangannya adalah waktu pertama kali untuk mencapai tekanan 5 bar sangatlah lama. Sedikit catatan, kompresor ini adalah untuk airbrush jangan digunakan untuk mengisi angin ban mobil.

No comments:

Post a Comment

Review : Stranger Things Season 3

Stranger Things merupakan salah satu mini series original netflix yang sangat populer dan saat ini sudah mencapai season ke-tiganya. Re...