Friday, January 19, 2018

Review : Black Pigment Ink Waterproof


Musim Hujan adalah suatu mimpi buruk saat harus mengirimkan dokumen penting berupa cetak. Beberapa orang memang sudah mau berpindah ke paperless sehingga cukup dikirimkan melalui email. Namun ada beberapa yang tetap suka dikirimkan berupa dokumen tercetak. Pada musim hujan kali ini adalah suatu mimpi buruk bagi Daily Goods Review, disaat harus mengirimkan dokumen yang penting meski sudah menggunakan amplop anti air yang dimasukkan dalam plastic pembungkus ternyata derasnya curah hujan saat dokumen tersebut dikirim oleh kurir menyebabkan ada beberapa air yang masuk . Dan rusaklah dokumen didalamnya.


Semua tulisan luntur dan tidak terselamatkan. Dan akibatnya kami harus mengirimkan kembali dokumen tersebut. Tentunya kejadian itu sangat tidak menyenangkan & merepotkan. Setelah mencari-cari tinta yang waterproof dan dapat langsung digunakan untuk printer canon, sampailah kami pada SUN Black Pigment Ink dari produsen yang sama dengan Premium NFI, tinta refill terbaik yang pernah kami pakai.

Tinta ini hanya khusus hitam saja, karena katanya headprinter canon hanya yang hitam saja yang bisa menggunakan tinta pigment, sementara untuk yang warna tidak dapat menggunakan tinta pigment. Dan karena kebutuhan kami adalah untuk cetak dokumen yang memang nyaris semuanya hitam putih tentunya ini adalah solusi yang paling pas untuk kebutuhan kami.

Begitu cartridge hitam habis, segera kami isi dengan Black Pigment yang sudah kami beli beberapa hari sebelumnya dan segera kami test print. Pertama tentunya adalah kualitas cetak untuk dokumen. Hasilnya mengejutkan untuk teks hasilnya lebih tegas daripada tinta Premium NFI bahkan tinta Original. Fontnya tercetak dengan detail dan tegas. Memang ini adalah keunggulan tinta pigment dibandingkan tinta dye yang umum dipakai printer.

Berikutnya  adalah test untuk foto, ini penting karena printer ini juga kami gunakan untuk cetak gambar berwarna juga. Tentunya penting mengetahui bagaimana pengaruhnya jika hitamnya diganti tinta pigment. Tinta hitam dalam cetak foto menentukan gelap terang dari warna. Sekilas kami tidak terlalu menemukan perbedaan antara foto yang dicetak dengan tinta hitam Premium NFI dengan tinta Black Pigment. Namun saat pada bagian yang hitam pekat baru terlihat bahwa hitamnya sedikit kalah pekat & glossy dibandingkan tinta Premium NFI & tinta original Canon. Namun perbedaannya tidaklah kentara. Sehingga meski tinta ini awalnya untuk cetak dokumen saja, menurut kami tetap bagus untuk digunakan untuk harian.


Terakhir tentunya adalah test dengan disiram dan direndam kemudian dibiarkan mengering dengan diangin-anginkan. Pada test ini kami mendapatkan hasil yang kami inginkan. Baik disiram ataupun direndam hingga 10 menit. Hasilnya setelah kering tidak ada tinta yang luntur. Meski tentunya kertasnya menjadi jelek setelah basah. Yang penting isinya tetap dapat terbaca dengan sempurna sesuai yang kami butuhkan.

No comments:

Post a Comment

Review : Stranger Things Season 3

Stranger Things merupakan salah satu mini series original netflix yang sangat populer dan saat ini sudah mencapai season ke-tiganya. Re...