Wednesday, January 17, 2018

Review : Rambakoe, Cemilan Rambak Paling Enak.


Rambak yang merupakan cemilan atau snack tradisional yang tidak lekang oleh waktu. Dibuat dari kulit sapi yang diolah lalu dikeringkan seperti kerupuk dan kemudian digoreng. Memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang gurih (umami), sehingga cocok untuk cemilan maupun dimakan bersama lauk pengganti kerupuk.

Karena rambak sangat digemari di Indonesia tentunya rambak sangat beragam. Ada yang enak, ada pula yang apek, bahkan ada yang dicurangi oleh pembuatnya dengan menggunakan sisa dari industri kulit. Rasa rambak bekas industri kulit ini tentunya berbeda sekali dengan rambak yang dibuat dari kulit sapi segar. Karena sisa industri kulit sudah mengalami proses kimiawi seperti direndam dalam hidrogen peroksida (H2O2) dan berbagai kimia lainnya, digiling hingga tipis, dan aneka proses lainnya sehingga dari bentuk dan rasa berbeda dengan rambak yang dibuat dari kulit sapi segar.

Pertama untuk membedakan rambak palsu sisa industri kulit dengan rambak asli yang menggunakan kulit sapi segar :

  1. Bentuk, Rambak yang dibuat kulit sapi segar memiliki bentuk yang tebal dengan bagian lubang-lubang udara besar yang terbentuk dalam proses penggorengan. Sedangkan rambak palsu bentuknya tipis dengan lubang udara yang kecil.
  2. Aroma, aroma rambak asli itu terasa wangi dengan bumbu-bumbu yang segar dan aroma olahan sapinya masih terasa. Rambak palsu aromanya terasa lebih datar bahkan bagi yang peka bau dari bahan kimianya masih terasa.
  3. Kerenyahan, rambak asli sangat renyah dan mudah digigit & jika ada bagian yang sulitpun itu karena melempem akibat kemasan yang sudah dibuka atau bocor. Rambak palsu tidak terlalu renyah dan keras serta sulit untuk digigit.
Diatas adalah cara membedakan rambak asli yang masih menggunakan kulit sapi asli dengan rambak palsu yang menggunakan sisa industri kulit.

Dari aneka rambak asli yang menggunakan kulit segar ada satu merk yang menurut Daily Goods Review sangat enak. Rasanya sangat gurih, bentuknya tebal dengan rongga udara yang besar-besar, wangi, & rasa savoury-nya sangat pas, merknya adalah "Rambakoe". Rambak yang hanya bisa diperoleh secara online ini rasanya sangat top dan mengalahkan semua rambak yang pernah kami makan. Cocok untuk menemani aneka masakan maupun cemilan saat santai sambil menonton TV atau film. Untuk membelinya dapat langsung mengunjungi IG berikut ini Instagram.com/rambakoe/

No comments:

Post a Comment

Review : Stranger Things Season 3

Stranger Things merupakan salah satu mini series original netflix yang sangat populer dan saat ini sudah mencapai season ke-tiganya. Re...