Monday, February 12, 2018

Review & Komparasi : Produk Photo Paper Inkjet

Sebelumnya kami telah mereview 2 kertas foto inkjet yaitu SUN Glossy Photo Paper & SUN Action Photo Paper. Keduanya berasal dari produsen yang sama yaitu SUN Indonesia. Kali  ini Daily Goods Review akan mereview sebuah kertas foto dari merk yang berbeda & membandingkan dengan kedua kertas sebelumnya. Kertas foto inkjet yang akan kami review kali ini diproduksi oleh Blueprint Indonesia.


Perbandingan pertama sebelum masuk ke hasil cetaknya adalah harga. Kertas Blueprint Glossy Photo Paper dibanderol termahal dari ketiganya yaitu mulai dari Rp. 30.800, karena untuk blueprint berbeda ketebalan akan berbeda harga. Selanjutnya SUN Action Photo Paper Rp 24.600,-. Sedangkan yang termurah adalah SUN Glossy Photo Paper dengan 1 harga untuk semua ketebalannya yaitu Rp. 21.800,-. Kedua produk SUN Indonesia ini memiliki banderol harga yang lebih ekonomis dibandingkan dengan produk Blueprint, lalu bagaimana dengan kualitas cetaknya?

Untuk kualitas cetak akan kami bagi 4 bagian yaitu color tone, saturasi, gradasi, & separasi warna kontras. Oke langsung saja masuk kebagian pertama yaitu color tune. Dari ketiga kertas ini yang memberikan color tone yang paling tepat adalah imbang untuk kedua produk dari SUN Indonesia. Sementara color tone dari kertas blueprint lebih condong kemerahan. Meski melesetnya tidak terlalu parah namun jika dibandingkan foto asli terlihat sekali lebih condong kemerahan.

Berikutnya untuk saturasi warna. Saturasi yang sangat berkaitan dengan kecerahan warna yang dapat direproduksi saat cetak. Dari ketiga kertas ini yang terbaik adalah SUN Action Photo Paper. Yang mampu menampilkan foto-foto yang memiliki saturasi tinggi hasil dari Smartphone & action cam dengan sangat mendekati foto aslinya saat dilihat dimonitor. Sementara SUN Glossy Photo Paper & Blueprint Glossy Photo Paper tidak memiliki tingkat saturasi seperti yang dihasilkan SUN Action Photo Paper. Keduanya sebenarnya cukup bagus namun bukan yang terbaik dari ketiga kertas ini.

Untuk gradasi warna terutama warna kulit ketiga kertas ini termasuk berimbang dan memberikan gradasi yang dapat dikatakan sama halus. Namun karena color tone dari Blueprint Glossy Photo Paper meleset kearah merah, sehingga meski gradasinya sama halus dengan kertas dari SUN Indonesia. Untuk orang yang berwarna kulit agak gelap memakai kertas blueprint yang kemerahan tersebut akan membuat kulitnya tampak semakin gelap. Untuk gradasi pada warna langit, kemudian warna-warna lainnya seperti tumbuhan dll Ketiga kertas ini memberikan hasil yang bisa dikatakan seimbang untuk kehalusan gradasinya.

Terakhir adalah testing dengan mencetak dua warna kontras yang diletakkan berdampingan seperti warna merah dengan hijau, dan warna biru dengan orange. Kemudian yang diperhatikan adalah perbatasan kedua warna kontras tersebut. Manakah yang mampu mencetak lebih tegas tanpa muncul smearing. Test ini bertujuan untuk mengetahui daya serap & daya kering dari kertas foto. Dari hasil test ini, kedua kertas dari SUN Indonesia memberikan hasil yang excellent. Sementara kertas blueprint untuk warna merah - hijau tidak ada masalah, sementara pada warna biru - orange muncul garis tipis berwarna hijau. Garis tipis ini menunjukkan bahwa terjadi smearing. Yang bisa terjadi karena daya serapnya atau daya keringnya kurang cepat, menyebabkan sedikit terjadi percampuran warna.

Kesimpulannya meski dari segi harga kertas Blueprint Indonesia lebih mahal daripada kertas SUN Indonesia, namun ternyata untuk segi kualitas cetaknya tidak lebih baik dari kertas SUN Glossy Photo Paper yang merupakan kertas termurah dalam komparasi ini. Untuk predikat terbaik saat ini dipegang oleh SUN Action Photo Paper. Harga ternyata tidak menjamin kualitas yang lebih baik. Oke nantikan review Daily Goods Review mengenai kertas foto lainnya dari berbagai produsen dengan range harga yang berbeda.

No comments:

Post a Comment

Review : Stranger Things Season 3

Stranger Things merupakan salah satu mini series original netflix yang sangat populer dan saat ini sudah mencapai season ke-tiganya. Re...