Monday, April 2, 2018

Review : Light Box by Midio


Light box merupakan alat bantu yang sangat membantu sekali untuk memfoto objek yang kecil seperti perhiasan, makanan, minuman, mainan, jam tangan, dll alias foto produk. Berfungsi sebagai studio mini yang sangat membantu sekali untuk membuat hasil foto produk kecil agar memperoleh pencahayaan yang sesuai. Light Box memiliki banyak ukuran dan bahan serta merk yang membuatnya. Salah satunya adalah Midio, sebuah merk lokal yang sebenarnya sudah cukup lama digunakan terutama oleh online shopper untuk memfoto barang dagangan mereka. Daily Goods Review sendiri baru mencoba membeli produk midio ini untuk foto barang-barang kecil.

Oke langsung ke produknya. Light Box yang ditawarkan midio ada 2 ukuran. Satu berukuran lebih kecil dengan 40x25x25cm, dan yang lebih besar berukuran 50x50x45cm. Selain ukuran perbedaan lainnya adalah midio 1 (yang kecil) hanya mendapatkan 1 led saja. Sedangkan midio 2 (yang lebih besar) mendapatkan 2 buah led pada paket pembelian. Lednya cukup terang, bahkan sangat terang. Diketerangannya led tersebut memiliki spesifikasi 6000K, namun dari pengalaman kami untuk memberikan white balance yang baik setting white balance justru dipasang di kisaran 6200-6500K. Jika dipasang pada 6000K white balancenya masih sedikit meleset. Selain itu white balance sebaiknya menggunakan setting manual.

Dalam paket midio juga mendapatkan beberapa backdrop vinyl berwarna putih, hitam, pink, dan saat kami membelinya masih ada bonus berupa backdrop hijau dan biru juga.  Selain itu juga mendapatkan backdrop gambar juga. Selain itu juga mendapatkan 1 buat acrylic hitam ukuran 15x15 cm yang dapat digunakan sebagai dasar objeck foto. Misalkan saat foto jam tangan atau perhiasan.

Keunggulan lain dari midio ini adalah portabilitas karena dapat dilipat dan dibentuk seperti sebuah tas koper kecil. Bahan yang cukup sturdy. Lalu dengan sistem velcro sehingga pemasangan sangat mudah. Di bagian atas juga terdapat lubang yang dapat digunakan untuk mengambil foto produk secara vertikal dari atas sangatlah mudah.

Oke setelah keunggulan diatas, berikutnya adalah kekurangan dari light box ini adalah led light-nya tidak dapat atur tingkat kecerahannya. Tidak seperti brand luar negeri yang lightnya dapat diatur tingkat kecerahannya. Led pada midio tidak dapat diatur sehingga selalu pada maximum brightness. Untuk produk tertentu ya kadang brightness dari led lightnya terlalu terang. Jadi sangat disayangkan midio tidak memberikan pengaturan brightness untuk lampunya.

Untuk mengakalinya Lampu yang tidak dapat diatur tingkat brightnessnya tersebut, daily goods review menambahkan led modul yang bisa didapatkan toko asesories motor. Guna led modul ini bisa untuk mengatur mode led untuk flashing dan juga mengatur brightness. Namun sayangnya jika hanya menggunakan modul ini saja untuk mengatur brightness listrik dc yang dihasilkan dari modul masih kurang rata sehingga muncul semacam frekuensi naik turun dari listrik dc-nya. Akibatnya saat digunakan untuk foto hasilnya muncul garis gelap terang sesuai arah rolling shutter kamera. Untuk mengakalinya adalah setelah output modul sebelum masuk ke led perlu dipasang kapasitor secara pararel untuk membuat arus DCnya menjadi lebih stabil dan hasil fotonya rata tidak ada lagi rolling shutter effect.

Jadi produk ini secara harga cukup murah jika dibanding merk luar negeri. Bonus backdropnya lebih banyak. Namun kekurangannya adalah brightness tidak dapat diatur. Butuh modifikasi & pengetahuan dasar elektronika untuk membuat lampu led bawaan midio ini dapat diatur brightnessnya. 

No comments:

Post a Comment

Review : Stranger Things Season 3

Stranger Things merupakan salah satu mini series original netflix yang sangat populer dan saat ini sudah mencapai season ke-tiganya. Re...