Tuesday, April 24, 2018

Review : Suzuki Ignis


Suzuki sebenarnya sudah merilis Compact Urban SUV ini sejak tahun lalu. Namun karena harus masuk daftar indent dan ini merupakan mobil CBU dari India sehingga Daily Goods Review baru saja mendapatkan unitnya.  Dari segi desain mobil ini bergaya sporty stylish namun compact sekali sehingga lebih mirip city car. Namun jika dibandingkan Karimun Wagon R, jelas sekali gaya desain Ignis lebih kokoh & sporty. Untuk Harga meski mendekati harga LCGC namun Ignis bukanlah termasuk LCGC.




Oke dari segi harga sedikit diatas LCGC namun dari performance mesin, terutama power & torsinya Suzuki Ignis sangatlah berbeda dan tidak memalukan kelasnya yang masih masuk dalam golongan SUV. Dengan mesin  tipe K12M yang memiliki 16 Valve dengan konfigurasi 4 silinter menjadikan mesin ini lebih bertenaga meski hanya masuk kelas 1200cc lebih tepatnya 1197cc. Dengan konfigurasi 4 silinder juga mesin lebih halus dan tidak terasa bergetar seperti pada mesin Datsun yang menggunakan 3 silinder. Tenaga yang dihasilkan SUV mungil ini mencapai 83PS pada 6000RPM, dan torsi 113Nm pada 4500RPM. Torsi & power ini cukup besar mengingat Ignis ini termasuk mobil yang mungil dengan berat ringan. Tenaga dari mesin ini membuat Ignis termasuk gesit & responsif dijalanan. Dengan Multipoint Injection, mesin ignis ini cukup irit dengan klaim 23,64km/L (versi manual) dan dalam pengujian Daily Goods Review di perkotaan yang macet masih mampu di kisaran 20-21km/L. Hasil ini sangat bagus & irit sekali menurut kami.

Dari segi audio yang diberikan dalam standard pabrik, Suzuki Ignis cukup baik. Detail mid voicenya termasuk jernih, bass juga lumayan deep, treble juga detail. Peletakan speaker juga sangat baik sehingga efek akustik dari ruangan mobil kecil ini masih bisa dibilang bagus. Setidaknya jika anda bukan penggemar musik yang menggelegar, audio set standardnya tidak perlu diganti.

Kelemahan dari Suzuki Ignis adalah dari segi suspensi yang keras sekali sehingga tidak berbeda dengan rasa mengendarai mobil LCGC. Saat melewati jalan bergelombang dapat membuat perut terasa mulas. Selain masalah suspensi, untuk faktor lainnya dari mobil ini cukup memuaskan mengingat price rangenya yang tergolong murah.

No comments:

Post a Comment

Review : Stranger Things Season 3

Stranger Things merupakan salah satu mini series original netflix yang sangat populer dan saat ini sudah mencapai season ke-tiganya. Re...