Tuesday, June 19, 2018

Review : SUN Water Slide Decal & DIY FIXING Airplane Model Marker

Libur lebaran selalu menjadi waktu untuk berkunjung dan dikunjungi keluarga. Termasuk libur lebaran kali ini, banyak kerabat yang datang bersama keponakan-keponakan yang rata-rata masih balita. Sementara dirumah banyak sekali pajangan pesawat dari berbagai maskapai penerbangan yang daily good review sengaja kumpulkan saat traveling. Beberapa memang aman tersimpan di lemari display yang terkunci, namun ada beberapa yang karena kembar sehingga dipajang diluar lemari display. Tentu saja tempat-tempat tersebut mudah terjangkau anak-anak. Tak bisa dihindari para keponakan tertarik, mulai dari sekedar memegang hingga ada beberapa yang akhirnya memainkan pajangan pesawat tersebut. 

Setelah mereka pulang, beberapa pajangan pesawat tersebut detailnya mengalami kerusakan. Detail yang rusak rata-rata adalah marking maskapai pada pesawat tersebut tergores bahkan terkelupas. Dan daily goods review cukup beruntung, pertama tidak ada part yang patah, kedua adalah sebelum libur lebaran sudah sempat membeli SUN Water Slide Decal yang sebenarnya hendak digunakan untuk modifikasi helm. Akhirnya kertas ini Daily goods review gunakan untuk membetulkan koleksi pesawat yang markingnya rusak tersebut.

Penggunaan SUN Water Slide Decal ini memberikan hasil yang mirip dengan decal marking aslinya & sangat memuaskan. Hasil decalnya sangat tipis sehingga sudah langsung seperti bagian dari plastik body pesawatnya. Kertas SUN Water Slide Decal ini terdapat dua jenis yaitu White & Opaque. Daily Good Review membeli yang jenis opaque, dengan jenis ini decalnya bersifat transparant dan membutuhkan background putih agar warnanya keluar. Untuk background yang tidak putih sebaiknya menggunakan yang jenis white. Tetapi untuk yang jenis white daily good review belum mencobanya. Untuk opaque ini  hasilnya sangat memuaskan & pengaplikasiannya sangat mudah tinggal mengikuti petunjuk cetaknya yang cukup jelas & terletak pada belakang kemasan.

Untuk membetulkan model pesawat ini diawali dengan menghapus semua marking yang lama. Bisa dengan menggunakan kain yang dibasahi dengan sedikit acetone. penggunaan acetone jangan terlalu banyak karena dapat merusak plastik dan menghilangkan detailnya. Untuk mempermudah proses ini jika memungkinkan untuk dilepas dari base sebaiknya dilepas saja.  Kemudian model pesawat tersebut diamplas dengan menggunakan amplas halus nomer 1000 hingga 5000.

Setelah detail lama terhapus, langka selanjutnya adalah dengan memberikan base coat warna light grey. Tujuannya agar nanti warna putih yang menjadi warna finalnya menjadi lebih rata. Pengecatan bisa menggunakan spray can maupun air brush jenis laquer paint. Untuk detail seperti jendela, pintu, & panel line menggunakan kuas dengan enamel paint atau acrylic paint.  Sebelum memberikan decal marking sebaiknya di top coat dengan clear 1 lapisan saja. 

Untuk decal markingnya dibuat menggunakan photoshop di komputer. Untuk bisa memperoleh ukuran body pesawatnya dapat dibantu dengan benang jahit yang ditandai. Markingnya tentunya dengan meniru desain maskapai yang ada. Keunggulan dengan membuat decal marking sendiri ini bisa membuat detail decal yang di versi souvenir maskapai tidak ada. Atau membuat marking maskapai rute khusus yang tidak pernah dijual, seperti Pokemon Theme dari ANA.

Pro tips saat mencetak decal, proses pengeringan dengan hair dryer menggunakan setting terendah saja. Jika menggunakan setting terpanas hasil decalnya justru jadi muncul retakan. Selesai decal lapisi dengan 2 kali lapisan top coat clear gloss. dan setelah benar-benar kering dapat dipoles dengan cairan silicon agar hasilnya lebih kilap.

Jadi dengan kejadian ini, pesawat model yang sebelumnya kembar-kembar tersebut disulap menjadi unik dan tidak kembar satu sama lain. Daily Goods Review membeli dari link berikut ini dan mendapatkan gratis ongkir yang berlaku untuk seluruh wilayah Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Review : Stranger Things Season 3

Stranger Things merupakan salah satu mini series original netflix yang sangat populer dan saat ini sudah mencapai season ke-tiganya. Re...