Thursday, March 21, 2019

Review : DIY KIT Ozone Generator


Ozone merupakan gas yang sangat unik, karena terdiri dari 3 atom oksigen. Normalnya atom Oksigen hanya terikat dengan 1 atom oksigen lainnya dan membentuk 02, yaitu gas yang kita hirup untuk agar kita tetap hidup tentunya. Dalam kondisi tertentu atom Oksigen mengalami perubahan jumlah elektronnya sehingga 1 atom oksigen dapat terikat dengan 2 atom oksigen lainnya membentuk O3 yang lebih dikenal sebagai ozone. Ozone merupakan gas yang sebenarnya secara alami terdapat di lapisan atas atmosfer (stratosfer). Gas ozone memiliki fungsi untuk memberikan perlindungan terhadap sinar UV yang terdapat dalam sinar matahari. Kelebihan paparan sinar UV bagi makhluk hidup dapat mematikan.




Fungsi lain Ozone dalam parkteknya ternyata tidak hanya untuk perlindungan terhadap sinar UV saja. Namun juga Ozone ini dapat digunakan untuk sterilisasi peralatan medis, pakaian, buah-buahan & bahan makanan, serta dapat juga untuk menghilangkan bau. Karena sifatnya Ozone adalah oksidator yang sangat aktif sehingga berbahaya bagi makhluk hidup terurama mikroba seperti bakteri, virus, protozoa, spora jamur, karakter inilah yang membuat ozone menjadi sangat efektif digunakan untuk sterilisasi. Selain dapat membunuh mikroba dengan cepat, ozone jika dimasukkan kedalam air juga dapat memurnikan air dari beragam zat-zat dan jika air tersebut digunakan untuk mencuci sayuran, buah-buahan dan daging selain dapat membunuh microba juga dapat menghilangkan pestisida pada sayur & buah.

Ozone water juga memiliki kasiat jika diminum dapat meredakan peradangan dalam tubuh. Namun meski ozone water aman untuk diminum, gas ozone berbahaya untuk dihirup. Gas ini dapat mencederai paru-paru. Batas aman ozone bagi manusia adalah 2mg/m3. Melebihi jumlah tersebut sangat berbahaya. Karena itu untuk penggunaan ozone generator adalah harus dalam ruangan yang kosong, jangan ada manusia dan juga hewan peliharaan. 

DIY Kit Ozone Generator ini bekerja dengan listrik AC 220v dengan daya 90w menghasilkan ozone 10g/jam. Jumlah ini cukup besar dan penggunaannya hrs seperlunya. misalnya kita memiliki ruangan dengan volume 30m3 tentu batas amannya adalah 60 mg, jadi batas aman saat alat ini menyala dan kita harus keluar dari ruangan tersebut sebelum 21 detik. Jika kita tetap berada didalam ruangan tersebut melebih waktu tersebut akan menjadi sangat berbahaya. Untuk memberikan hasil penyegaran yang efektif pada ruangan tersebut adalah membiarkan ozone generator ini menyala sekitar 2-5 menit. dan kemudian membiarkan ruangan tersebut kosong hingga 15-30 menit.

Karena ini DIY Kit, tentu saja belum komplit. Untuk merakit menjadi peralatan ozone di rumah masih membutuhkan 1 buah plastik kontainer, 1 buah fan box AC, 1 on-off switch, & 1 buah switch timer agar dapat membuat alat ini mati secara otomatis pada waktu yang ditentukan. Alat ini juga tidak boleh menyala tanpa adanya fan / kipas angin sebagai pendingin.

Alat ini cocok untuk menghilangkan bau pada rumah yang memiliki hewan peliharaan. Dengan memindahkan hewan terlebih dahulu dan mengosongkan ruangan. Alat ini akan efektif membuat ruangan steril dan bebas bau serta membunuh semua microba termasuk juga tungau. 

No comments:

Post a Comment

Review : Stranger Things Season 3

Stranger Things merupakan salah satu mini series original netflix yang sangat populer dan saat ini sudah mencapai season ke-tiganya. Re...