Friday, June 29, 2018

Review : PIGMENT PRO Ink, Full Color Waterproof Ink

Sebelumnya Daily Goods Review pernah mereview solusi cetak dokumen yang waterproof pada artikel ini. Solusi tersebut hanya untuk dokumen yang hitam putih & untuk pemiliki printer Canon & HP. Kali ini Daily Goods Review mencoba tinta PIGMENT PRO Ink yang juga waterproof, perbedaannya adalah tinta ini bisa untuk full color sehingga cocok untuk cetak foto juga. Selain itu Pigment Pro Ink ini juga hanya khusus untuk printer Epson, jadi tidak bisa untuk merk Canon & HP.

Tinta PIGMENT PRo ini keunggulannya selain sudah waterproof dengan kertas apapun, juga sudah weatherproof. Jadi cocok untuk media outdoor yang terkena panas matahari kemudian kehujaan. Demikian juga untuk foto yang dipajang didalam rumah tentunya lebih awet, karena hanya terkena sinar matahari tidak terlalu lama jika dibandingkan media outdoor misalkan seperti poster-poster yang dipasang di jendela minimarket.

Untuk mencoba testing tentu saja Daily Goods Review mencoba mencetak foto & juga teks dokumen dengan grafik berwarna keatas kertas HVS. Kertas HVS tidak memiliki perlakuan khusus yang membuatnya water resistant apalagi waterproof sehingga cocok sekali untuk membuktikan apakah tinta Pigment Pro ini benar-benar waterproof atau tidak. Hasil percobaan kami adalah hasil cetak menggunakan tinta Pigment Pro ke kertas HVS benar-benar waterproof alias tidak luntur baik dengan disiram maupun direndam ke air. Setelah kertas yang basah tersebut dikeringkan tidak tampak ada hasil cetakan yang luntur.


Keunggulan lain Pigment Pro Ink dibandingkan tinta pigment lain adalah hasilnya lebih glossy. Karena tinta ini menggunakan bahan pigment yang jauh lebih kecil dari tinta pigment merk lain. Tinta pigment merk lain hasilnya selalu doff/matte, Sedangkan Pigment Pro adalah tampil cenderung glossy. Pada merk lain meski menggunakan kertas glossy hasilnya tetap matte, sedangkan Pigment Pro Ink hasilnya tetap glossy pada kertas glossy. Sehingga tidak membatasi kreatifitas yang hanya terbatas pada finishing doff seperti pada tinta pigment merk lain.

Yang Daily Goods Review sukai lagi dari keputusan kami untuk menggunakan Pigment Pro Ink adalah dapat memaksimalkan hasil dari kertas Professional Glossy Photo Paper Resin Coated & Professional Silk Photo Paper Resin Coated yang sudah kami miliki dan review dalam beberapa artikel (Glossy, Canvas, Satin, & Pearl). Karena kini dengan menggunakan tinta Pigment Pro kami dapat memperoleh hasil cetak foto yang tahan hingga bertahun-tahun meski dipajang di ruang tamu yang setiap sore terkena sinar matahari yang masuk dari jendela. 

Untuk dapat menggunakan tinta Pigment Pro, sangat kami sarankan untuk menggunakan printer baru. Saran ini kami dapatkan dari master-master usaha digital printing. Karena tinta dye yang biasa digunakan pada printer dapat memicu reaksi kimia saat tercampur tinta pigment yang kemudian dapat menyumbat head printer. Karena itu selalu disarankan untuk menggunakan printer baru yang tidak pernah diisi dengan tinta lainnya. Untuk keamanannya sudah Daily Goods Review buktikan sendiri dengan mendiamkan printer ini tanpa digunakan selama 10 hari dan hasilnya tinta tetap keluar sempurna tanpa perlu melakukan head clean. Tapi hal ini jangan ditiru ya, karena daily goods review melakukannya sebagai percobaan untuk menguji keamanan dari tinta ini. Tetap ikuti saja saran bahwa printer dalam seminggu digunakan mencetak minimal 1 kali agar tinta di head tidak kering.

Kesimpulannya Pigment Pro Ink adalah tinta pigment yang sangat berkualitas dan sangat kami rekomendasikan bagi yang mencari tinta pigment untuk printernya. Tinta Pigment Pro ini cocok untuk pribadi, kantor, maupun usaha cetak foto karena keawetan hasil cetaknya yang luar biasa. Daily Goods Review membelinya secara online pada situs berikut ini dan mendapatkan gratis ongkos kirim.

No comments:

Post a Comment

Review : Stranger Things Season 3

Stranger Things merupakan salah satu mini series original netflix yang sangat populer dan saat ini sudah mencapai season ke-tiganya. Re...