Saturday, September 8, 2018

Review : Procon Boy 0.3mm

Sebelumnya Daily Goods Review pernah membuat review mengenai airbrush murah merk MC Tech dari China. Airbrush ini memiliki kualitas yang biasa saja, tidak istimewa, & memiliki masalah kepresisian pada nozzle, niddle, & nozzle cap. Masalah ini sangat serius sehingga airbrush ini tidak mampu memberikan hasil yang diharapkan. Mungkin karena harganya airbrush ini cocok bagi pemula yang baru belajar. Namun seiring berjalannya waktu dan meningkatnya skill dari pengguna bisa jadi airbrush ini tidak lagi mampu memberikan hasil yang diharapkan lagi. Beralih ke airbrush yang memiliki kualitas lebih baik tentu tidak dapat dihindari.


Salah satu yang menurut Daily Goods Review cocok bagi pengguna airbrush untuk naik level adalah Procon Boy dari Mr. Hobby. Air brush Procon Boy ini memiliki kualitas serta fitur yang setara dengan iwata yang sudah dilengkapi MAC valve seperti Hi-Line HP-CH. Namun harganya lebih murah daripada Iwata. Jika Iwata HP-CH berbanderol sekitar 3 jutaan. Procon Boy ini berada di kisaran 1,8-2,2 juta. Selain harga yang lebih murah, procon boy hingga saat ini belum ada versi KW nya di pasaran. Sedangkan merk iwata banyak sekali KWnya yang dijual dengan mengaku ori bahkan dengan harga ori pula. 

Keunggulan selain harga & juga belum ada kwnya hingga saat ini serta kualitas yang setara dengan airbrush premium seperti dari Iwata & Badger. Menjadikan airbrush procon boys ini sangat favorit bagi daily goods review. Nozzle dan jarum memiliki kepresisian yang tinggi khas produk Jepang. Dengan tingkat presisi yang tinggi bukan hanya kontrol serta hasil yang lebih halus yang didapatkan dari airbrush ini, cat juga tidak mudah mengering pada ujung jarum & nozzle. Pada airbrush murah ini menjadi kendala serius karena cat sering merembes dan kemudian mengering sehingga mengganggu proses pengecatan. Pada Procon Boy ini hal tersebut nyaris tidak terjadi. Kemudian airbrush ini juga sudah diciptakan untuk tahan terhadap cat jenis laquer. Jadi air brush ini dapat digunakan untuk jenis cat lain seperti enamel & akrilik. Sejumlah airbrush tidak diciptakan untuk laquer, yang akibatnya tentu merusak seal pada nozzle yang berakibat performa airbrush menurun drastis.

Pada Procon Boy ini juga sudah dilengkapi dengan mac valve seperti pada sebagian produk papan atas dari Iwata. kegunaannya adalah untuk mengatur besar-kecilnya tekanan udara secara langsung dari unit airbrushnya. Fitur ini sangat berguna jika kompresor diletakkan agak jauh dari workstation, jadi untuk merubah tekanan tidak perlu bolak-balik ke kompresor untuk membuat tekanan lebih besar atau lebih kecil.

Meski memiliki banyak keunggulan yang setara jika dibandingkan dengan iwata & badger. Procon boy ini memiliki karakter yang berbeda dengan iwata & badger. Procon Boy sebenarnya diciptakan untuk model kit sehingga sapuannya lebih meluas untuk ukuran jarum yang sama. Sehingga jika digunakan untuk painting yang butuh garis tipis kurang pas. Namun hal ini masih bisa ditutupi dengan teknik & jam terbang.

Saran dari daily goods review jika ingin memulai belajar airbrush baik untuk painting, make up, body paint, plastik model, dll daripada membeli airbrush murah yang tidak jelas sebaiknya langsung saja ke procon boy yang memiliki harga menengah namun kualitas setara dengan airbrush papan atas ini.

No comments:

Post a Comment

Review : Stranger Things Season 3

Stranger Things merupakan salah satu mini series original netflix yang sangat populer dan saat ini sudah mencapai season ke-tiganya. Re...