Tuesday, October 9, 2018

Review : Microwave Panasonic NN-SM32HM


Microwave oven merupakan salah satu penemuan di abad 20 yang sangat membantu kehidupan modern. Dengan microwave menghangatkan kembali makanan beku atau dingin juga sangat mudah. Contohnya misalkan menghangatkan nasi yang sudah dimasukkan ke dalam kulkas dengan microwave akan membuat nasi kembali pulen, sedangkan jika dengan cara konvensional mengukusnya kembali justru membuat nasi menjadi sepoh.



Sebenarnya selain untuk menghangatkan kembali juga banyak bermunculan resep praktis masakan menggunakan microwave. Sayangnya microwave selama ini memiliki image membutuhkan daya yang besar. Memang selama ini microwave selalu membutuhkan daya listrik yang besar, untuk menghasilkan gelombang micro yang mampu memanaskan molekul air dalam bahan masakan memang membutuhkan energi yang besar. Microwave dulu membutuhkan daya hingga lebih dari 1000W. Tentunya daya yang besar kurang cocok dengan gaya hidup abad 21.

Kini daya yang diperlukan telah semakin kecil. Salah satu microwave berdaya kecil adalah dari Panasonic dengan tipe NN-SM32HM. Microwave ini memiliki daya yang termasuk kecil yaitu daya max 450W. Daya ini tergolong kecil untuk sebuah microwave oven. Daya kecil ini tentu lebih menghemat energi listrik untuk menghangatkan makanan. Namun jika membuat makanan dengan microwave ini, tidak terlalu banyak memberikan penghematan. Karena untuk membuat makanan membutuhkan waktu 2 kali lebih lama dari microwave berdaya besar. Contoh misalkan membuat popcorn normalnya membutuhkan waktu 2,5-3 menit, dengan microwave NN-SM32HM menjadi membutuhkan 6-7 menit.

Microwave ini memiliki ukuran volume yang tergolong besar yaitu kapasitas 25L. Dengan kapasitas yang besar tentunya memberikan ruangan yang cukup untuk menghangatkan makanan untuk porsi keluarga. Dengan piring turn table berukuran 28,8 cm tentu cukup besar untuk berbagai keperluan.  Dari segi harganya juga ekonomis karena dari range harga untuk brand lain mendapatkan microwave yang kapasitasnya lebih kecil, yang cocok untuk menghangatkan makanan porsi kecil.

Kesimpulannya microwave Panasonic ini dari segi ukuran & daya dapat dikatakan ekonomis. Setidaknya jika untuk menghangatkan makanan termasuk sangat ekonomis. Namun jika digunakan untuk memasak tidak berbeda dengan microwave berdaya besar. Karena waktu yang diperlukan menjadi 2 kali lebih lama.

No comments:

Post a Comment

Review : Stranger Things Season 3

Stranger Things merupakan salah satu mini series original netflix yang sangat populer dan saat ini sudah mencapai season ke-tiganya. Re...