Thursday, October 4, 2018

Review : Printer Multi Purpose Epson L4150


Printer tentu menjadi salah satu alat bantu paling penting diperkantoran saat ini. Beragam jenis printer ada dipasaran. Ada yang memiliki satu fungsi saja yaitu printing saja, ada pula yang multi purpose seperti scan & copy juga. Dan yang menjadi trend saat ini adalah printer dengan ink tank. Epson sebagai pelopor printer dengan ink tank bawaan memiliki beragam tipe dan semuanya terkenal cukup handal. Saat ini baik Canon, HP, & Brother juga mengeluarkan tipe printer dengan inktank, system inktank ini lebih disukai karena jauh lebih hemat daripada sistem cartridge konvensional. Sebelumnya sistem ink tank ini masih merupakan modifikasi 3rd party yang tidak terlalu reliable dan dapat merusak printer. Namun sejak menjadi sistem yang diusung pabrikan, sistem ink tank ini menjadi dapat lebih diandalkan.



Daily Goods Review baru saja membeli printer baru epson L4150 untuk menggantikan printer Epson L210 yang umurnya sudah lebih dari 5 tahun. Hal ini tergolong awet dibandingkan dengan jaman printer yang masih menggunakan cartridge. Sebelum sistem ink tank ini rata-rata umur printer yang daily goods review miliki adalah sekitar 2 tahun saja. Kemungkinan saat mengganti cartridge ada debu yang masuk ke printer head sehingga membuat printer menjadi lebih cepat rusak. Sementara dengan sistem ink tank ini print head tidak pernah dibongkar sehingga lebih tidak terexpose dengan debu.

Yang berbeda dengan Epson L4150 dengan Epson L210 lama yang daily goods review miliki adalah botol tinta yang baru sudah memiliki valve sehingga saat mengisi lebih anti tumpah. Sebelumnya saat mengisi tangki pasti ada sedikit tinta yang tumpah dan harus dibersihkan. Dengan sistem valve ini tumpahan tinta jauh lebih minim. Selain itu tinta juga akan otomatis berhenti mengisi kedalam tangki jika sudah pada batas maksimal. Jadi tidak perlu lagi khawatir tinta yang diisikan terlalu penuh.

Selain dari segi pengisian yang lebih mudah daripada printer lama kami, yang berubah lagi adakah kecepatan printingnya menjadi lebih cepat. Pilihan printer quality setting juga lebih beragam dengan sejumlah pilihan kertas baru. Namun jujur untuk kualitas cetakan tidak terlalu berbeda dengan printer epson seri L sebelumnya. Secara kualitas warna masih lebih bagus jaman printer Epson seri T. Namun secara operasional seri T lebih tidak ekonomis dan print head juga lebih mudah rusak.

Masalah dengan printer Epson L4150 ini masih sama dengan epson L210 lama kami, untuk mencetak dengan kertas yang sedikit tebal selalu bermasalah pada bagian akhir dari kertas. Masalah mulai muncul pada ketebalan 245 gsm keatas. Pada bagian akhir kertas, seakan printer roll susah untuk menggerakkan kertas sehingga bergeser dan cetakan menjadi meleset. Masalah ini tidak muncul pada kertas yang lebih tipis. Seandainya masalah roll ini dapat teratasi tentu membuat printer ini jauh lebih baik.

Untuk fitur Scan secara kualitas sudah jauh lebih baik dari printer lama kami. Printer ini menurut kami cukup handal untuk keperluan kantoran dan juga rumahan terutama untuk anak sekolah yang jaman sekarang ini hampir semua tugas mereka perlu untuk diprint.

No comments:

Post a Comment

Review : Stranger Things Season 3

Stranger Things merupakan salah satu mini series original netflix yang sangat populer dan saat ini sudah mencapai season ke-tiganya. Re...