Sunday, October 14, 2018

Review & Tutor : SUN Vinyl Sticker Untuk Custom Helm


Memiliki anak yang masih kecil tentu mereka suka memiliki barang-barang yang bertema sesuai dengan karakter favorit mereka. Saat ini yang sedang populer adalah karakter Tayo sebuah karakter animasi Bus yang berasal dari Korea Selatan. Karena sangat populernya karakter Tayo ini dikalangan anak-anak sehingga merchandise bertema tayo ini sangat ramai. Termasuk juga helm dengan gambar tayo sangat dicari. Anak Daily Goods Review juga menginginkan helm bergambar tayo ini. Namun karena sangat populer sehingga di beberapa tempat penjualan helm sudah habis tidak ada lagi sisa helm dengan gambar karakter tayo.

Karena dicari dibeberapa tempat sudah habis, tidak ada salahnya dicoba membuat sendiri. Ternyata membuat helm custom tidaklah susah menggunakan SUN Vinyl Sticker. Karena Vinyl Sticker ini sudah dapat langsung di print dengan printer standard. Vinyl merk lain hanya dapat di print menggunakan tinta pigment dan tidak dapat menggunakan printer standard. Jadi dengan sticker ini menjadi sangat mudah.  Hasilnya juga cukup bagus, asal dibiarkan mengering sempurna terlebih dahulu hasil cetaknya juga waterproof.


Untuk membuat custom helm yang diperlukan tentu saja helm yang hendak di custom & SUN Vinyl Sticker. Selain itu juga perlu komputer, printer, hair dryer, cutting pen/gunting/cutter, lap microfiber , & cat semprot clear. Langkah pertama tentu membuat desainnya di komputer, karena permintaan anak kali ini adalah tayo tentu saja menggunakan gambar karakter tayo yang diukur agar sesuai dengan ukuran helmnya. Setelah proses desain selesai langsung saja gambar tersebut di print menggunakan printer inkjet. Setting menggunakan kertas matte dengan highest setting quality.

Selesai di print, gambar perlu dibiarkan mengering dengan sempurna yang dapat dibantu dengan hair dryer agar lebih cepat kering. Setelah gambar mengering sempurna, barulah Vinyl Sticker tersebut dipotong sesuai gambarnya. Untuk menempelkan pada helm, Vinyl Sticker janganlah dilepas semua bagian belakangnya, tapi lepas sebagian dan tempelkan pada helm. Gunakan bantuan hairdryer untuk memanaskan Vinyl Sticker sehingga lebih mudah menempel mengikuti lengkungan helm. Lepas perlahan lapisan belakang sambil vinyl sticker digosok menggunakan microfiber. Tetap panasi dengan hair dryer. Tempel dengan hati-hati dan jangan tergesa-gesa agar tidak ada gelembung, jika ada gelembung dapat ditusuk menggunakan jarum yang kecil dan kemudian digosok-gosok menggunakan microfiber hingga semuanya menempel sempurna. 

Setelah selesai dapat di lanjutkan dengan memberikan lapisan cat semprot clear. Atau jika ada rencana bakal diganti lagi gambarnya dalam waktu dekat. tidak perlu untuk di beri lapisan cat semprot clear.

Mudah sekali untuk membuat custom sticker ini dengan menggunakan SUN Vinyl Sticker ini. Hasil cetaknya sedikit matte namun bagus sekali, karena dapat dicetak dengan tinta dye menjadi sangat mudah untuk digunakan. Bahan perekatnya mampu merekat dengan sangat baik, namun saat dilepas kembali tidak menimbulkan bekas. Jadi memang cocok untuk custom-custom semacam ini.

No comments:

Post a Comment

Review : Stranger Things Season 3

Stranger Things merupakan salah satu mini series original netflix yang sangat populer dan saat ini sudah mencapai season ke-tiganya. Re...