Tuesday, December 18, 2018

Review : Mr. Masking Sol R


Bagi yang hobby model kit terutama yang suka military vehicle model kit seperti Daily Goods Review ini tentu yang paling menjadi kendala saat painting adalah masking. Masking sendiri adalah proses menutup sebagaian wilayah dari model kit agar memiliki pewarnaan yang berbeda pada proses pengecatan. Setidaknya ada 3 bahan yang umum digunakan untuk masking dan ketiganya berguna untuk situasi yang berbeda.



Misalkan masking tape berguna untuk menutup permukaan yang lebar, lurus seperti pada sayap pesawat. Kemudian juga dapat menggunakan blue tac, lem no adhesive yang berbentuk mirip karet ini sangat mudah dan praktis untuk masking area yang bundar. Dan kemudian yang terakhir adalah cairan masking yang biasanya digunakan untuk masking area yang sempit dan sulit terjangkau seperti cokpit pesawat model. 

Cairan masking di pasaran sendiri ada beberapa merk. Namun yang umum ditemukan pada toko-toko hobby di Indonesia adalah dari merk Mr. Hobby. Cairan masking dari Mr. Hobby dapat ditemukan ada 2 macam, yaitu Mr. Masking Sol & Mr. Masking Sol R. Keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu cairan masking. Namun karakter keduanya cukup berbeda.

Perbedaan utama diantara keduanya adalah Mr. Masking Sol mengunakan base solventnya adalah amoniak yang kurang baik untuk kesehatan, lebih cepat kering, belum dapat self leveling. Sedangkan Mr. Masking Sol R yang lebih baru adalah water base, sehingga lebih aman untuk kesehatan, mengering lebih lambat, sudah dapat self leveling, dapat diencerkan dengan air untuk pengerjaan yang membutuhkan detail. Dan secara hasil Mr. Masking Sol R lebih baik daripada Mr. Masking Sol yang masih mengunakan amoniak. Kekurangannya adalah proses pengeringan yang lebih lama.

No comments:

Post a Comment

Review : Stranger Things Season 3

Stranger Things merupakan salah satu mini series original netflix yang sangat populer dan saat ini sudah mencapai season ke-tiganya. Re...