Sunday, December 2, 2018

Review : Tactix Cutter Tubing Mini (3 - 16mm)


Bagi yang bekerja membuat maket untuk arsitektur maupun interior, atau sekedar penghobby model kit seperti military vehicle model, car model, aeroplane model, & gundam tentu pasti sering memiliki kebutuhan untuk memotong plastic tubes secara presisi, mudah, & cepat. Memotong menggunakan cutter, art knife, atau mini saw sering kali tidak memberikan hasil yang presisi seperti yang diharapkan. Karena itu penggunaan cutter tubing sangat diperlukan. Alat kecil ini sangat membantu sekali untuk memotong plastic tube maupun metal tube secara presisi. 



Salah satu yang dari segi harga cukup ekonomis dan kualitasnya dapat dikatakn oke adalah Tactix Cutter Tubing Mini. Harga dari cutter tubing ini 1/3 dari alat serupa yang biasa dijual di hobby store dan toko bahan arsitek. Dari segi mata pisaunya cukup tajam dan hasil potongannya juga sama-sama halus jika dibandingkan dengan yang dibeli di hobby store seperti dari merk hasegawa. Selisih harga keduanya cukup jauh, namun hasil potongnya serupa. 

Untuk menggunakan alat ini sangat mudah. Pertama kendurkan mata pisau dengan memutar tuas knob agar pipa mudah masuk. Kemudian masukkan pipa yang hendak dipotong. Setelah sesuai dengan ukuran potong, putar knob untuk mengencangkan mata pisau. Saat diawal ini jangan terlalu kencang. Selanjutnya putar tube pipe satu putaran, dan putar knob untuk lebih mengencangkan mata pisau. Kemudian putar lagi tube pipe satu putaran, dan kembali kencangkan patah pisau. Ulangi proses ini sampai tube pipe terpotong.

Karena Tactix Cutter Tubing Mini memiliki harga yang terbilang murah, tentu kita menjadi lebih tidak ragu-ragu untuk menggunakan cutter tubing ini untuk memotong metal pipe. Bagi para penghobby model kit tentu banyak yang sayang jika harus menggunakan cutting tube yang mahal untuk memotong metal tube. Sebagai perbandingan saja, sebelumnya daily goods review pernah membeli cutter tubing merk hasegawa dengan harga 200 ribuan, sedangkan tactix ini hanya 69 ribu. Karena harganya lebih murah tentu saja lebih tidak sayang jika menjadi tumpul akibat memotong metal tubes. Metal tubes itu cukup sering dibutuhkan untuk membuat detail dari model kit terutama military vehicles model. Dan sejauh ini tactix masih tetap tajam meski sering digunakan memotong metal tube diameter 3-6mm dari bahan bronze & aluminium.

No comments:

Post a Comment

Review : Stranger Things Season 3

Stranger Things merupakan salah satu mini series original netflix yang sangat populer dan saat ini sudah mencapai season ke-tiganya. Re...