Wednesday, January 2, 2019

Review : Seafood King Fish Ball


Fish ball alias bakso ikan alias hiwan adalah makan khas dari negeri china yang menyebar di berbagai negara, termasuk Indonesia. Rasa bakso ikan yang khas dengan tekstur yang halus dan kenyal berwarna putih, tentu memiliki penggemarnya tersendiri. Terutama rasa ikan yang kuat namun aromanya tidaklah terlalu amis. 



Karena di Indonesia kaya dengan daerah pesisir dan banyaknya chinese perantauan yang sudah merantau ke wilayah Indonesia sejak majapahit, tentunya membuat di beberapa daerah pasti ada pembuat fish ball yang terkenal enak. Tentunya para pembuat fish ball rumahan tersebut tidak dapat dibandingkan dengan fish ball instant dalam kemasan buat pabrik seperti dari seafood king ini. Rasa fish ball rumahan tentu lebih khas terutama jika koki pembuatnya sudah memiliki pengalaman puluhan tahun dengan resep tradisional yang diturunkan secara turun temurun. Tetapi jika kita membanding-bandingkan rasa fish ball pabrikan, produk dari Seafood king ini termasuk yang bisa dikatakan paling enak.

Rasa fish ball dari seafood king ini kenyal namun tidak keras. Aromanya tidak amis dengan rasa daging ikan yang masih dapat kita rasakan. Itu artinya perbandingan antara daging ikan giling, putih telur, & tepung tapioka yang digunakan masih dalam perbandingan yang pas. Jika terlalu banyak tepung tentu rasa daging ikannya menjadi hilang, sebaliknya jika tepungnya terlalu kurang selain terlalu amis juga tidak dapat kenyal.

Untuk mengolah fish ball ini yang paling mudah tentu dengan merebusnya dengan air kaldu kemudian diberi bumbu garam & merica, serta irisan daun bawang. Bagi yang suka minyak wijen juga dapat menambahkan sedikit minyak wijen. Hidangan lain yang cocok dengan fish ball adalah  dengan kuah tom yum yang segar. Variasi lain lagi yang kami lihat saat berkunjung ke Hong Kong adalah dengan menggoreng fish ball ini dan kemudian memberinya minyak cabe atau sambal asam manis. Fish ball adalah bahan makanan yang mudah untuk digunakan dalam masakan lainnya seperti dalam cap jay.

No comments:

Post a Comment

Review : Stranger Things Season 3

Stranger Things merupakan salah satu mini series original netflix yang sangat populer dan saat ini sudah mencapai season ke-tiganya. Re...