Friday, February 15, 2019

Review : Water Slide Decal Untuk Model Kit Perang Dunia II


Untuk menambah realistik dari plastik model kit tentu saja selain di repaint adalah dengan menambahkan decal. Baik decal yang ada di dalam kemasan, maupun decal 3rd party yang kita beli terpisah. Tetapi untuk hasil yang lebih realistik dan historical correct, kadang perlu untuk membuat decal sendiri. Berkat SUN Water Slide Decal, membuat water decal sendiri untuk detailing yang realistik dan tepat sesuai sejarah dapat dibuat secara mudah dengan printer rumahan. 

Selama perang dunia 2 tentu banyak sekali foto-foto dokumentasi kejadian yang menarik untuk dibuat dioramanya. Dan pada jaman tersebut selain simbol-simbol kesatuan, para pengemudi kendaraan tempur sering membuat coretan-coretan ataupun simbol-simbol sendiri. Yang paling sering adalah di nose pesawat tempur hingga ada istilah nose art. Dan ini semua tentu menarik jika kita
mampu membuat hingga sangat detail. Sedangkan detail-detail yang sifatnya personal semacam ini tentu tidak akan ada pada decal bawaan pabrik, bahkan sulit didapatkan pada decal 3rd party. Jadi jika ingin membuat model kit kendaraan perang jaman perang dunia 2 yang benar-benar detail, tentu perlu membuat decal sendiri dengan SUN Water Slide Decal.


Untuk membuat decal sendiri ada dua pilihan bahan dari SUN Water Slide Decal, yaitu bahan white & opaque. Bahan white itu artinya decal ini memiliki warna dasar putih, sehingga warna dapat tampil penuh cocok ditempelkan di background berwarna. Dan opaque berarti decalnya semi transparant, biasa digunakan untuk background putih. Namun untuk model kit menurut daily goods review lebih cocok versi opaque. Untuk penempelan di kendaraan militer dengan warna dasar gelap tentu ada kiatnya tersendiri donk.

Cara pembuatan decal dapat dilihat dibelakang kemasan SUN Water Slide Decal dan sangat mudah. Namun untuk membuat decal model kit kendaraan perang kita harus kreatif. Jika menggunakan decal white tentu memotongnya lebih susah. Nah untuk lebih mudahnya adalah dengan menggunakan decal opaque. Dan yang di print hanya outlinenya saja. Bagian dalamnya kita cat menggunakan cat akrilik. Dengan adanya panduan outline tentu lebih mudah. Dan mengecat di decal sebelum ditempel yang masih datar tentu lebih mudah dibandingkan pada body model kitnya. Dan jika kita membuat outline decalnya dengan jumlah lebih banyak dari yang diperlukan, tentunya dapat memilih yang hasil catnya terbaik. Untuk warna tua seperti merah tua, & biru dongker tidak terlalu terpengaruh oleh warna dasar tempat decal ditempelkan. Jadi untuk warna-warna tua tidak perlu dicat manual tetap dapat menggunakan printer. Pengecatan manual untuk warna putih (printer tidak memiliki warna putih), dan warna-warna muda.

Tips untuk mengukur ukuran decal saat membuat desain outlinenya adalah dengan menggunakan kertas hvs tipis dan pensil. Buat perkiraan ukuran decal dengan menempelkan kertas pada body model kit kendaaran perang dan gambar perkiraan ukurannya. Selanjutnya dengan acuan tersebut kita dapat membuat perkiraan ukuran yang akurat dari ukuran decal yang ingin dibuat. Dengan membuat decal sendiri seperti ini tentu detail dari model kit karya kita akan naik ke level yang lebih tinggi. Selamat berkreasi. 

No comments:

Post a Comment

Review : Stranger Things Season 3

Stranger Things merupakan salah satu mini series original netflix yang sangat populer dan saat ini sudah mencapai season ke-tiganya. Re...