Thursday, February 21, 2019

Review : Higashimaru Donburi Usukuchi



Bagi penggemar masakan Jepang tentu tak asing lagi dengan yang namanya donburi. Yaitu masakan jepang yang secara harafiah berarti nasi dalam mangkuk yang diatasnya diberi aneka macam lauk. Jadi penyajian donburi itu selalu dalam mangkuk ya. Sejumlah restoran jepang di Indonesia banyak yang mengkhususkan pada hidangan Donburi ini dengan berbagai macam lauk, terutama di mall-mall. Bagi yang suka Donburi namun bukan seorang yang suka pergi ke Mall dapat membuat sendiri di rumah dengan bumbu siap saji yang asli dari jepang yaitu Higashimaru Donburi Usukuchi ini.

Bumbu ini mengandung babi, jadi bagi yang tidak boleh memakan babi sebaiknya tidak membeli bumbu ini. Sedangkan untuk donburi yang hadir di mall-mall Indonesia hampir semuanya tidak mengandung daging & minyak babi. Oke kembali ke bumbu ini, bumbu Higashimaru Donburi Usukuchi ini terbagi menjadi light alias rasa dari rempah-rempahnya tidak terlalu keras. Dan Rich dengan rasa rempah-rempah yang lebih terasa. Versi Light ini lebih cocok untuk oyakodon & tamagodon. Sedangkan versi rich lebih cocok untuk katsudon & unatamadon. Semuanya kembali ke selera masing-masing. Daily Goods Review lebih menyukai versi light. 


Proses pembuatnya sebenarnya cukup sederhana karena ini termasuk bumbu instant. Namun tetap membutuhkan beberapa bahan tambahan. Oke langsung saja pertama ke versi light. Yang harus dipersiapkan adalah irisan daging ayam atau babi yang telah diiris ukuran sekali gigit, 1 butir telur kocok, bawang bombay, & daun bawang. Cara pembuatannya :
  • tumis 1/4 bawang bombay dengan 80 ml air, & 1 sachet light donburi usukuchi selama kurang lebih 3 menit.
  • Masukan 50 g daging ayam atau babi yang telah diiris kecil.
  • Setelah daging matang, naikkan suhu api dan masukkan telor kocok sambil bumbu donburi terus diaduk.
  • Sajikan bersama nasi panas didalam mangkuk sambil diberi isisan daun bawang.
Untuk versi rich caranya hampir sama, yang berbeda adalah tidak menggunakan tambahan daging irisan & air lebih banyak yaitu 100 ml. Untuk versi rich daging dipersiapkan secara terpisah seperti chicken katsu atau pork katsu.

Kedua bumbu ini sangat lezat saat dinikmati sewaktu hangat.

No comments:

Post a Comment

Review : Stranger Things Season 3

Stranger Things merupakan salah satu mini series original netflix yang sangat populer dan saat ini sudah mencapai season ke-tiganya. Re...